Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

82 Ekor Tukik Kembali Dilepas ke Laut
Oleh : Harjo/Dodo
Selasa | 12-06-2012 | 19:24 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Banyan Tree Lagoi kembali melepas 82 ekor tukik atau anak penyu jenis penyu hijau (Chelonia mydas) di Pantai Laguna Bintan, Kawasan Pariwisata Terpadu Lagoi (KPTL) Bintan pada Senin sekitar pukul 17.00 WIB kemarin. 

Hadir dalam acara itu manajemen dan karyawan Laguna Bintan, turis yang menginap di Banyan Tree dan Angsana serta pelajar dan masyarakat Lagoi.

Pelepasan pertama dilakukan oleh Hotel Manager Angsana Ilias Vamvakas, kemudian dilanjutkan pelepasan kedua oleh perwakilan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan.

Henry Ali Singer, Manager Lab Conservation Banyan Tree Hotel kepada wartawan dalam siaran persnya mengatakan Laguna Bintan terdiri dari Banyan Tree Bintan, Angsana Bintan dan Laguna Golf. Adapun Laguna Bintan memiliki fasilitas Conservation Lab untuk mengembangkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Pelepasan tukik merupakan bagian program pelestarian penyu yang dilakukan Banyan Tree bekerjasama dengan BRC," kata Henry.

Kenapa penyu, ia mengatakan penyu merupakan satwa dilindungi menurut UU nomor 5 tahun 1990. Bahkan telur penyu masih dikonsumsi oleh sebagian masyarakat dan belakangan populasi penyu terus berkurang di Bintan.

"Usaha yang dilakukan untuk menyelamatkan telur penyu diantaranya melakukan penangkaran, setelahnya telur penyu menetas dan menjadi tukik  dilepas ke laut," terangnya mengakhiri.