Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Dua Perampokan Terjadi dalam Sehari di Batam
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 11-06-2012 | 16:17 WIB

BATAM, batamtoday - Tugas Satreskrim Polresta Barelang untuk membongkar kasus pembobolan dan perampokan di Batam tampaknya semakin sulit. Belum lagi terungkap kasus pembobolan dan perampokan di Kantor BPS Batam dan Kantor Pos Bengkong, kini kasus serupa kembali terjadi, Senin (11/6/2012). 

Situasi keamanan di Batam semakin tak kondusif dan membuat warga semakin resah. Bagaimana tidak aksi pembobolan terjadi di dua tempat dalam waktu yang hampir bersamaan dimana para pelaku mengincar brankas uang dari dua tempat kejadian. 

Sindikat spesialis brankas beraksi di kantor developer  PT Bayu Pariama Batam yang berada di Komplek Pertokoan Kuda Putih Blok A/2, Sei Panas dan dari lokasi pelaku berhasil membawa kabur brankas yang selama ini disimpan di lantai dua gedung. 

Aksi pembobolan ini baru diketahui saat pagi hari sekitar pukul 8.00 WIB ketika karyawan akan masuk kerja. Pelaku membongkar paksa rolling door dan menggunting dua gembok, tak hanya itu pintu depan yang terbuat dari kaca juga dirusak pelaku. 

"Kami baru mengetahui tadi pagi waktu mau masuk kerja, rolling door dan pintu depan sudah dirusak dan terbuka," ujar Ana, salah satu karyawan PT Bayu Pariama Batam kepada batamtoday

Sontak saja aksi itu membuat heboh karyawan yang hendak masuk kerja, ketika diperiksa ke dalam ternyata pelaku berhasil membawa kabur brankas yang tersimpan di ruang kasir yang berada di lantai dua. 

Dari keterangan pemilik rumah makan di sebelah, lanjut Ana, kejadian terjadi kira-kira pukul 4.00 WIB, sebab ibu warung itu melihat ada beberapa orang yang mencurigakan dan memarkirkan mobil Toyota Avanza hitam di depan kantor. 

"Tapi mereka memarkirkan mobil menghadap jalan dan bagian belakangnya pas di depan pintu kantor, orangnya pakai baju hitam," terang Ana.

Disinggung batamtoday, berapa besar kerugian yang dialami dalam kasus pembobolan ini, pihak perusahaan masih menghitung kerugian sebab sebagian catatan keuangan ada di dalam brankas yang dibawa pelaku. 

"Kerugian belum tahu berapa, sebab kasir ikut bos bikin laporan ke Mapolres Barelang," lanjutnya. 

Selain itu ada CCtv yang terpasang di kantor tersebut, namun sayangnya telah rusak sekitar tiga hari yang lalu dan belum sempat diperbaiki. 

"CCtv kita rusak hari Kamis kemarin, tapi waktu mau dibetulkan hari Jumat tapi teknisinya tak datang, tak tahunya ada kejadian ini," tambah Ana. 

Pantauan batamtoday, meskipun baru mengalami musibah aktivitas di kantor developer ini masih tetap jalan dan melayani konsumen. Di luar gedung tampak seorang tukang sedang memperbaiki rolling door dan pintu depan yang dirusak pelaku. 

Tim buser Polresta Barelang dan Polsek Batam Kota yang mendapatkan laporan langsung melakukan olah TKP dan memeriksa beberapa saksi untuk dimintai keterangan. 

Sementara itu, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dana Nagoya cabang Bengkong yang juga dibobol pelaku di waktu yang hampir bersamaan terpaksa tutup sementara akibat aksi pembobolan yang terjadi kantor tersebut, namun dalam aksi perampokan ini pelaku tak berhasil membawa barang-barang berharga ataupun brankas. 

Dari informasi yang dihimpun batamtoday, pelaku berhasil masuk ke dalam gedung BPR Dana Nagoya cabang Bengkong dengan merusak rolling door dan pintu depan. Setelah masuk ke dalam dan naik ke lantai dua, pelaku sempat menggergaji pintu penyimpan brankas. 

"Pelaku tak berhasil membawa brankas, tapi mereka sempat menggergaji pintu di ruang penyimpan brankas. Apa karena buru-buru akhirnya mereka kabur tanpa membawa apapun," ujar Kanit Bengkong, Ipda Holoan Situmorang kepada batamtoday

Holoan menambahkan, pihaknya telah melakukan olah TKP dan memintai keterangan beberapa saksi atas kasus pembobolan tersebut.