Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Otoritas Pelabuhan Sudah Surati Perusahaan Pemilik Tug Boat

Ditabrak Tug Boat Tahun 2019, Dermaga Pelabuhan Dabo Belum Juga Diperbaiki
Oleh : Wandy
Selasa | 26-01-2021 | 17:52 WIB
horlen-dabo.jpg Honda-Batam
Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Dabo, Horlen P Siahaan. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pelabuhan umum Dabo Singkep yang rusak akibat tertabrak kapal tug boat Sea Carrieri pada 2019 lalu, hingga kini belum juga diperbaiki.

Padahal, Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Dabo sudah menyurati kepada pihak perusahaan kapal tug boat Sea Carrieri secara tertulis.

"Kami telah menyurati pihak perusahaan untuk memperbaiki pelabuhan yang ditabrak kapal tug boat," kata Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Dabo, Horlen P Siahaan, Selasa (26/1/2021).

Dijelaskan Horlen, pihak yang bertanggungjawab akan segera memperbaikinya akan tetapi dikarenakan ada kendala seperti pandemi Covid-19, yang mengakibatkan gagal diperbaiki.

"Kita masih menunggu, dan pihak perusahaan sudah kita dudukkan dan mereka siap memperbaiki, namun terkendala adanya pendemi Covid-19 sehingga masih tertunda. Dan kita masih menunggu," jelas Horlen.

Diketahui kapal Tug Boat Sea Carrieri tersebut sudah bersandar di Pelabuhan Dabo sejak 16 Juli 2018 lalu, sedangkan insiden terjadi Senin (12/8/2019) malam, sebab tali tambatan kapal tersebut terlepas akibat dihantam ombak.

Di mana kapal tersebut masuk ke bawah dermaga yang mengakibatkan kapal terus menghantam tiang penyangga hingga ada beberapa tiang yang patah. Bahkan pihak keamanan sempat mepasang police line di pintu masuk pelabuhan guna keselaman bersama.

Editor: Gokli