Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komjen Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri Rabu Lusa
Oleh : Redaksi
Senin | 25-01-2021 | 11:18 WIB
A-KOMJEN-SIGIT-FIT1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit saat menjalani Fit and Proper test. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1/2021).

"Iya," katanya melalui pesan singkat, Minggu (24/1/2021).

Listyo nantinya akan dilantik sebagai Kapolri pengganti Idham Azis oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Setelah resmi dilantik jenderal yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu akan berbintang empat.

Sebelumnya, DPR telah menyetujui pengangkatan Listyo sebagai Kapolri. Ia juga telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada Rabu (20/1/2021) lalu.

Listyo sendiri merupakan calon tunggal yang diajukan Jokowi untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR RI. Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengajukan lima nama, termasuk Listyo kepada Jokowi. Listyo sendiri kala itu diketahui sebagai yang paling muda dibanding empat lainnya.

Jokowi harus melantik pimpinan baru Polri, karena Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memasuki masa pensiun per 1 Februari 2021.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha