Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Polisi Koboi

Suhendri Ingatkan Jajarannya dalam Penggunaan Senpi
Oleh : Agus/Dodo
Kamis | 07-06-2012 | 17:33 WIB
Kapolres_Tanjungpinang_AKBP.Suhendri.JPG Honda-Batam

Kapolres Tanjungpinang AKBP Suhendri.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Mengantisipasi sikap arogan dan tindakan 'koboi' dari aparat kepolisian, Kapolres Tanjungpinang AKBP Suhendri mengingatakan jajaranya, agar tidak arogan dan bengis saat berhadapan dengan masyarakat, khususnya dalam penggunaan senjata api (senpi). 

Hal itu dikatakan Suhendri dalam amanahnya pada Apel serah terima jabatan sejumlah perwira Polisi di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (6/6/2012) kemarin. 

"Bagi anggota yang memegang senjata api agar tidak arogan, bengis, dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya dalam keadaan mendesak atau dibutuhkan," kata Suhendri. 

Hal ini, kata Kapolres, sesuai dengan instruksi Kapolri, agar anggota Polri agar tidak main hakim sendiri saat berhadapan dengan masyarakat, apalagi arogan dengan menodongkan pistol kepada warga. Selain itu, Suhendri juga memastikan, seluruh unit anggota yang berhak mendapatkan dan menggunakan senpi saat bertugas maupun berjaga. 

"Untuk semua Polsek, Pam Obpvit, Polres Tanjungpinang dan SPK, saya minta untuk mengunakanya saat berjaga, sementara itu, ada sejumlah anggota yang khusus memegang senpi untuk berjaga-jaga," terang Suhendri. 

Suhendri juga menambahkan, peringatan itu dilakukan mengingat tugas dan fungsi polisi adalah untuk mengayomi dan melindungi masyarakat dan bukan untuk gagah-gagahan. 

"Kalau ada anggota Polisi yang arogan pada masyarakat, silakan laporkan  kepada kami, dan kami akan melakukan penindakan secara tegas. Senpi yang digunakannya akan kami tarik serta melakukan proses sidang kode etik sesuai institusi Polri," ujarnya.