Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dokter Kepresidenan Mengaku Gemetar Suntik Vaksin Presiden Jokowi
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-01-2021 | 11:32 WIB
jokowi-suntik-vaksin1.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo saat diberikan vaksin Sinovac di Istana Merdeka. (youtube.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib adalah orang yang menyuntikkan vaksin Sinovac kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik itu mengaku tangannya gemetar menjadi vaksinator pertama di Indonesia.

"Menyuntik orang pertama di Indonesia tentunya ada rasa juga. Tetapi masalah itu tidak menjadi halangan bagi saya untuk menyuntikkannya. Pada waktu menyuntikkannya tidak gemetaran lagi. Pertamanya saja agak gemetaran," tuturnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Meski gemetar, Dokter Abdul Muthalib menegaskan penyuntikan sudah sesuai prosedur. Bahkan, Ia mengaku mendengar sendiri tak ada keluhan serius yang dialami Presiden Jokowi.

"Saya dibantu perawat saya, saya gosok alkohol dulu seperti prosedur biasa dan saya suntikkan, setelah saya suntik Bapak tidak merasa sakit sedikit pun, jadi tidak ada perasaan apa-apa, saya berhasil menyuntik bapak presiden dengan tanpa rasa sakit, bapak komentarnya juga tanpa rasa sakit, alhamdulillah," ucapnya.

Selain Jokowi, sejumlah nama juga turut menerima vaksin COVID-19 di Istana. Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan proses vaksinasi digelar dalam tiga sesi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Beberapa tokoh yang menjalankan proses vaksinasi adalah Menteri Kesehatan Menteri BUMN, Menteri Luar Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas Covid-19, Kepala BPOM. Vaksinasi di Istana juga diikuti pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader di bidang kesehatan: Ketua IDI Daeng M Faqih, Ketua PPNI Harif Fafilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center Agus Syamsudin, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 M. Makky Zamzam, Najwa Shihab, Dokter Tirta, Bunga Citra Lestari, hingga artis Raffi Ahmad.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha