Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siang Ini, Jokowi Setor Nama Calon Kapolri ke DPR
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-01-2021 | 09:40 WIB
presiden-jokowi-lagi1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Nama calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pengganti Jenderal Idham Azis yang diusulkan Presiden Joko Widodo akan dikirim ke DPR RI pada hari ini, Rabu (13/1/2021).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni membenarkan hal tersebut. Menurutnya, usulan dalam bentuk surat presiden (surpres) itu akan diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR sekitar pukul 11.00 WIB.

"[Surpres calon Kapolri diantar] jam 11.00 WIB infonya. Benar [diantar Pratikno], infonya demikian," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2020).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid memprediksi surpres terkait calon Kapolri pengganti Idham akan dikirimkan oleh Jokowi pada Rabu Wage, berdasarkan penanggalan Jawa, atau 13 Januari. Menurutnya, Rabu Wage merupakan waktu yang baik dalam perhitungan budaya Jawa.

Rabu Wage lebih bagus hitungannya, neptunya sebelas. Hitungannya Rabu angkanya tujuh dan Wage angkanya empat dijumlah jadi neptunya angka 11. Itu ilmu Jawa, ilmu titen namanya bersumber dari kebiasaan alam dan manusia," kata Jazilul kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/1/2020).

Ia kemudian menyatakan bahwa Jokowi telah memilih Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri yang akan diusulkan Jokowi ke DPR.

Menurutnya, Listyo menjadi nama yang terpilih dari lima nama yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

"Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas," ujar Jazilul dilansir CNNIndonesia.com, Senin (11/1/2020).

Namun, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan saat ini Jokowi masih mempertimbangkan sosok yang tepat untuk menduduki kursi Kapolri menggantikan Idham.

Menurut Mahfud, nama calon Kapolri yang menguat beredar masih sebatas spekulasi. Ia memastikan, hingga kini Jokowi masih belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," cuit Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmafudmd, Selasa (12/1/2020).

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha