Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelabuhan Batuampar Siap Terapkan Auto Gate Sistem
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-01-2021 | 19:36 WIB
pel-batuampar-ok.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kawasan Pelabuhan Batuampar. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan Batuampar terus dibenahi demi memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi para penguna jasa.

Direktur BUP BP Batam, Nelson Idris mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bersama KPU Bea Cukai Batam akan segera meluncurkan Auto Gate System di Pelabuhan Batuampar.

Auto Gate System sendiri merupakan fasilitas pelabuhan yang menggunakan sistem otomasi sehingga pengguna jasa yang akan masuk dan keluar dari area pelabuhan akan terekam secara otomatis di sistem tanpa perlu mengantre, yang kerap menyebabkan kemacetan di ruas jalan Batuampar.

"Auto Gate System ini akan terhubung dengan aplikasi milik Bea Cukai, sehingga nantinya tidak perlu lagi ada pengecekan manual oleh petugas di Pos Keluar," ujar Nelson, Jumat (8/1/2021).

Nelson, menambahkan, penerapan otomasi melalui Auto Gate System ini, diharapkan dapat menjawab keluhan para pengguna jasa yang selama ini harus mengantre panjang di pos pemeriksaan Bea Cukai saat kegiatan bongkar muat sedang padat di Pelabuhan Batuampar.

Selain itu, kata Nelson, Auto Gate System ini juga dapat meningkatkan sistem keamanan pelabuhan karena tak semua kendaraan dapat bebas lalu lalang di pelabuhan yang telah menerapkan ISPS Code ini.

"Sistem ini mengharuskan pengguna jasa untuk mengurus pass tahunan terlebih dahulu baru mendapatkan kartu pass yang bisa digunakan untuk masuk dan keluar lewat Auto Gate System ini. Sehingga dengan penerapan Auto Gate System ini, ISPS Code juga kita jalankan," imbuhnya.

Editor: Gokli