Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prokes Covid-19 Diterapkan Ketat di Gereja Immanuel Jakarta
Oleh : Redaksi
Jumat | 25-12-2020 | 13:09 WIB
A-NATAL-KATETRAL-2020.jpg Honda-Batam
Suasana ibadah di Gereja Immanuel. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perayaan Natal tahun 2020 digelar berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini perayaan hanya dilakukan secara sederhana lantaran masih meningkatnya wabah Covid-19.

Seperti di Gereja Immanuel yang berada di Gambir, Jakarta. Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, umat nasrani yang datang ke gereja tidak sampai membludak.

Pengelola gereja menerapkan protokol kesehatan pada jemaah yang datang. Misalnya dengan mengatur jarak tempat duduk antar jemaah dengan radius satu meter.

Mayoritas jemaah yang datang juga mengenakan masker dan membawa hand sanitizer untuk mencuci tangan mereka.

Salah seorang Satgas Covid-19, Deni mengatakan tahun sebelumnya jemaah yang datang untuk merayakan Natal membludak hingga keluar ruangan.

"Kuotanya 50. (Dulu) 100 lebih atau dua kali lipat boleh," katanya di lokasi, Jumat (25/12).

Di luar gedung gereja juga terdapat sejumlah aparat kepolisian dan juga TNI yang berjaga di depan gereja agar prosesi perayaan natal berjalan dengan khidmat dan aman.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menyampaikan, bagi para jemaat yang ingin melakukan ibadah misa natal di Gereja Katedral diwajibkan untuk melakuka registrasi online terlebih dahulu. Kapasitas gereja juga dibatasai hanya 300 jemaat.

"Mereka (Gereja Katedral) sangat selektif sekali, kapasitas hanya 300 jemaat. Dan mereka pada saat masuk dilakukan cek rapid, yakinkan bahwa mereka yang ingin ibadat dalam keadaan sehat," kata Heru kepada wartawan, Jumat (25/12/2020).

Sejak pukul 08.00 para jemaat terlihat mulai berdatangan. Tampak jemaat serempak mengenakan masker.

Tidak terlihat anak kecil ataupun lansia. Sebelum masuk gereja, jemaat dicek suhu tubuh. Jemaat yang datang telah mendaftar secara online terlebih dahulu.

Aparat keamanan terlihat melakukan pengamanan di luar area Gereja Katedral. TNI-Polri bersinergi mengamankan ibadah Natal.

Sejumlah anggota polisi tampak melaksanakan apel di seberang Gereja Katedral. Sebuah kendaraan taktis berupa Barracuda juga disiagakan.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani