Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

Bayantree Lagoi Tanam Pohon di Penaga Bintan
Oleh : Harjo/Dodo
Selasa | 05-06-2012 | 14:22 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – Bayantree Kawasan Pariwisata Lagoi Bintan melakukan penanaman 2.012 pohon di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan. Penanaman pohon ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada Selasa (5/6/2012).

Pimpinan Bayantree Lagoi Endri Singer kepada wartawan mengatakan penanaman pohon ini diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan dilakukan Bayantree bersama Angsana Bintan dan Laguna Golf, dimana kegiatan ini sebagai tradisi dan peran aktif melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk pelestarian lingkunngan hidup, dengan melibatkan karyawan, masyarakat, siswa sekolah dan tamu hotel. 

Bibit pohon yang ditanam berasal dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan, dan sudah tertanam sebanyak 7.024 pohon. Sementara untuk tahun 2008 yang sudah tertanam sebanyak 28.040 pohon. 

Jenis pohon yang ditanam di Desa Penaga terdiri dari 10 jenis, diantaranya, beringin, durian, trembesi, pulai, sungkai, petai, jengkol dan mahoni. 

Dalam hal ini juga Endri menyampaikan, kegiatan penanaman pohon sebagai titik awal dan kampanye gerakan peduli lingkungan, dimana pada saat ini dunia masuk dalam ancaman perubahan iklim dan pemanasan global.

“Mudah-mudahan dengan adanya peduli lingkungan hidup bisa mengurangi dampak pemanasan global,” harapnya.

Sementara itu tokoh masyarakat, juga tokoh sentral perjuangan pembentukan Provinsi Kepri, Huzrin Hood yang hadir dalam acara penanaman pohon tersebut mengatakan, upaya penanaman pohon ini perlu diapresiasi setinggi-tingginya. Namun hal tersebut tidak hanya sebatas menanam, tetapi terlebih setelah ditanam, tentunya perlu perawatan, sehingga tanaman tersebut menjadi sebuah investasi untuk lingkungan kedepan. 

Dalam acara penanaman pohon tersebut, turut dihadiri oleh Camat Teluk Bintan Suwarsono, kades Penaga Hamdan, sejumlah pegawai dari lingkungan Pemkab Bintan, tokoh masyarakat dan pemuda setempat.