Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Tips Mencuci Mesin Motor Sendiri di Rumah
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-12-2020 | 09:08 WIB
ilustrasi-cuci-mesin-motor1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Soal perawatan mesin motor beberapa orang ada yang tak mau ambil pusing dan menyerahkan semuanya pada mekanik bengkel. Tapi, ada juga beberapa orang yang memang suka mengoprek motornya atau paling tidak cuci mesin motor sendiri.

Jika anda juga ingin mencobanya, sebaiknya ketahui dulu langkah-langkah dan persiapan mencuci mesin. Suzuki memberikan kiat-kiat agar mencuci motor dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Pertama anda perlu tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk mencucinya. Ada bensin atau solar, sabung cuci piring, asam cuka, cairan pembersih kamar mandi, dan amplas. Biasanya ada yang mencampurkan juga bensin atau solar dengan sabun cuci piring. Sementara itu untuk amplas bisa digunakan untuk membersihkan karat-karat yang sudah mengeras.

Alat lain yang tak kalah penting disiapkan adalah sikat gigi bekas atau kuas, wadah berukuran sedang, kanebo dan tentunya air.

Apabila perlengkapan untuk cuci mesin di atas telah terpenuhi, pertama anda sebaiknya cuci motornya dulu. Cuci bersih seluruh body motor dari debu, pasir, bahkan lumpur sampai semuanya hilang.

Kalau sudah, anda bisa lanjut membersihkan blok motor. Cara membersihkan blok motor yang baik dan benar adalah menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Gosok-gosokkan kuas tersebut ke seluruh blok mesin sampai bagian-bagian terpencilnya. Pastikan cairan pembersih tersebut masuk ke sela-sela mesin.

Setelah seluruh bagian sudah tersapu kuas, diamkan dulu selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air. Ulangi proses di atas jika merasa masih belum cukup bersih.

Nah, setelah mengulangi proses di atas tapi masih ada kotoran bandel, anda bisa gunakan amplas untuk membersihkannya. Cara mengamplasnya juga tidak boleh terlalu kuat, agar tidak meninggalkan bekas goresan pada blok mesin. Selain itu, cara mengantisipasi goresan tersebut adalah dengan mencelupkan amplas ke cairan pembersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian, bilas untuk terakhir kalinya.

Cukup mudah kan? Selamat mencoba cuci mesin motor sendiri, ya.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha