Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Diperkirakan Guyur Sejumlah Wilayah di Kepri
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 04-06-2012 | 10:22 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memprediksi hujan akan menguuyur sejumlah wilayah di Kepulauan Riau pada Senin (4/6/2012).

Tri Agus, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim perkiraan kondisi cuaca tersebut didasarkan pada pantauan satelit cuaca yang menunjukkan, adanya daerah pusaran angin (eddy) di perairan barat Sumatera mengakibatkan daerah sekitar Kepulauan Riau menjadi daerah belokan angin (shearline). 

Selain itu, kondisi udara atas yang cukup labil dengan kelembaban udara tinggi serta ditinjau dari anomali OLR (radiasi keluaran gelombang panjang) yang bernilai negatif.

"Maka tutupan awan diprakirakan masih cukup banyak. Sehingga cuaca di Kepulauan Riau dirediksikan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang yang kadang disertai petir," kata Tri Agus.  

Dia memperkirakan potensi cuaca berawan dapat terjadi di hampir seluruh Kepri seperti Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas. 

Kecepatan angin diperkirakan berkisar 8 hingga 24 kilometer per jam dan gelombang laut yang cukup kondusif antara 0,4 hingga 1,6 meter.     

Namun meski cuaca diprediksi cukup kondusif, Agus mengingatkan agar para pengguna transportasi darat, laut dan udara tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya perubahan cuaca yang berlangsung tiba-tiba.