Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Ikuti Pameran City Expo di Manado
Oleh : Charles/Dodo
Sabtu | 02-06-2012 | 10:57 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Kota Tanjungpinang mengikuti Pameran City Expo di Manado, Sulawesi Utara untuk memperkenalkan produk-produk khas unggulan Tanjungpinang dari Kamis (31/5/2012) hingga Sabtu (2/6/2012).

Hamalis, Asisten II Pemko Tanjungpinang mengatakan pameran ini digelar dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Manado dengan tema "Grand Design Otonomi Daerah Prospek Untuk Kesejahteraan Rakyat".

"Dalam pelaksanaannya, Alhamdulillah banyak pengunjung di stand pameran Tanjungpinang. Bahkan, produk pameran yang kita pajang, khususnya batik dan juga kerajinan gonggong nyaris habis terjual di acara ini," kata Hamalis. 

Melalui acara pemeran ini Hamalis berharap, Tanjungpinang akan lebih dikenal daerah lain di Indonesia. Dalam kesempatan itu, selain mengikuti pameran, Pemko Tanjungpinang juga menghadirkan tari persembahan, dan turut serta melakukan penanaman pohon khas masing-masing daerah, dimana Tanjungpinang membawa pohon Pinang untuk ditanam bersama 97 tanaman dari daerah lain se-Indonesia. 

Munas APEKSI dibuka oleh Mendagri yang diwakili Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, DR. Made Suwandi, M.Soc.Sc. Hadir juga dalam kesempatan ini Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, DR Marwanto Harjowiryono, MA, Ketua APPSI/ Gubernur Sulsel, DR.H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.MH, Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo H Sarundajang. 

Selain itu, juga dilaksanakan pemilihan dan penetapan dewan pengurus Apeksi Tahun 2012-2016 dilaksanakan penetapan program kerja, mengevaluasi dan mengesahkan pertanggungjawaban dewan pengurus Apeksi 2008-2012, merumuskan peran Apeksi yang strategis untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintah daerah. 

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga sekaligus Wali Kota Palembang, Edi Santana Putra, di depan para peserta Munas IV Apeksi, pada acara pembukaan Munas. Ada pun latar belakang diadakannya Munas IV Apeksi ini, tak lain adalah proses otonomi daerah yang sudah berlangsung lebih dari satu dasa warsa membuahkan refleksi dan hasil yang beragam.

Berbekal perjalanan otonomi daerah dan gejolak yang berkembang di daerah selama ini, Apeksi menganggap sudah saatnya Indonesia mempunyai konsep ideal otonomi daerah yang sesungguhnya.

Otonomi daerah yang benar-benar untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat, sehingga sudah waktunya disusun satu grand design otonomi daerah yang melibatkan seluruh pihak demi terwujudnya pemerintahan yang profesional dan akuntable untuk kesejahteraan masyarakat. 

Pada penghujung kegiatan, Jumat (1/6) terpilih Ketua Apeksi yang baru  untuk periode 2012-2016 Vicky Lumentut yang juga merupakan Wali Kota Manado dan dilantik oleh oleh Dirjen Pemerintahan Umum Depdagri.