Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Dibawa Kabur Pencuri

Mobil Dinas BPS Batam Ditemukan
Oleh : Hendra Zaimi/Ali/Dodo
Jum'at | 01-06-2012 | 12:40 WIB

BATAM, batamtoday - Mobil Isuzu Panther warna biro dengan plat merah BP 1002 C milik Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam yang dibawa kabur pelaku perampokan akhirnya ditemukan pihak kepolisian di jalan tak beraspal tak jauh dari SMU 3, simpang tiga Bandara Hang Nadim, Jumat (1/6/2012) sekitar pukul 3.00 WIB. 

"Anggota patroli kita menemukan mobil milik BPS itu di jalan tak beraspal tak jauh dari SMU 3 Bandara," ujar Kapolsek Nongsa, Kompol Rubertus Herry kepada batamtoday

Ketika ditemukan anggota, kaca mobil dalam keadaan terbuka dan kunci kotak ditinggalkan begitu saja ditempatnya oleh para pelaku, mungkin takut aksi mereka diketahui akhirnya mobil curian itu ditinggalkan begitu saja di lokasi. 

Tim buser dan identifikasi Polresta Barelang yang mendapatkan informasi langsung turun ke lokasi penemuan mobil itu dan melakukan olah TKP. Guna penyelidikan lebih lanjut, mobil tersebut lantas dibawa ke Mapolresta Barelang.

Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam di samping Perumahan Bukit Palem Permai, Batam Centre dirampok oleh tiga orang dengan memakai topeng atau sebo, Kamis (31/5/2012) pukul 03.00 WIB dini hari. Pelaku berhasil menggasak uang tunai Rp2,8 juta yang disimpan dalam brankas, empat unit laptop dan delapan unit handphone. 

Dikatakan oleh Kanit Reskrim Polsek Batam Kota Iptu Mangiring para pelaku masuk ke dalam Kantor BPS pukul 03.00 WIB dini hari melalui jendela samping yang memang sudah rusak. 

Pelaku yang menggunakan sebo selanjutnya menyekap dua orang petugas jaga malam Suyitno dan Hanafi yang saat itu sedang istirahat di dalam ruangan mereka. Mulut keduanya disekap menggunakan lakban dengan tangan terikat ke belakang. 

Selanjutnya satu pelaku mengawasi para penjaga malam yang sudah terikat, sedangkan dua pelaku lainnya beraksi mencari uang dan barang berharga. Lalu merusak brangkas dengan menggunakan linggis hingga terbuka dan mengambil uang yang tersimpan.  

Tidak hanya itu, para pelaku juga membawa kabur mobil dinas Isuzu Panther plat merah BP 1002 C yang dikemudikan oleh para pelaku.