Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dugaan Korupsi Dana Bantuan Nelayan Bintan

Polres Bintan Tunggu Hasil Pemeriksaan BPKP
Oleh : Harjo/Dodo
Kamis | 31-05-2012 | 13:43 WIB
kasatreskrim-polres-bintan.gif Honda-Batam

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Reonald T Simanjuntak

TANJUNGUBAN, batamtoday - Satuan Reserse Kriminal Polres Bintan masih menunggu hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kepri terkait dana bantuan bagi nelayan yang diduga kuat dikorupsi oleh pejabat setempat.

Demikian disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Reonald T Simanjuntak kepada wartawan di Mapolres Bintan, Kamis (31/5/2012).

Menurutnya, berdasarkan hasil penyelidikan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik, didapat adanya unsur penyelewengan anggaran yang mengakibatkan kerugian negara, yang dilakukan oleh sejumlah pejabat Bintan.

“Dugaan korupsi dari kasus bantuan kepada kelompok nelayan, memang sudah jelas. Dapat disimpulkan setelah memeriksa sejumlah saksi baik kelompok nelayan dan pejabat yang berwenang. Namun hal tersebut masih menunggu BPKP guna menghitung berapa jumlah kerugian negara,” ungkapnya.

Lebih jauh, Reonald menjelaskan untuk penetapan tersangka dalam kasus bantuan nelayan tersebut, dimungkinkan lebih dari satu orang mengingat dilakukan secara berkelompok. Saat ditanya siapa yang akan dijadikan tersangka, dia masih enggan memberikan keterangan. 

“Mungkin bisa sampai lima atau enam orang nantinya yang akan jadi tersangka. Namun untuk penetapan kita masih menunggu hasil pemeriksaan BPKP,” imbuhnya.