Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebih Powerful, VW Golf Generasi Terbaru Resmi Meluncur
Oleh : Redaksi
Rabu | 04-11-2020 | 12:36 WIB
vw-golf1.jpg Honda-Batam
VW Golf R generasi terbaru.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Volkswagen Golf merupakan salah satu model ikonik VW bergaya hatchback. Kini mobil asal Jerman itu telah mendapatkan penyegaran dengan memberikan banyak ubahan baik dari luar maupun dari dalam.

Secara visual, VW Golf R mendapatkan bumper depan baru dengan splitter yang terinspirasi dari motorsport, kisi-kisi asupan udara khusus R serta beberapa elemen hitam mengilap. Tampilan disempurnakan dengan satu set velg 19 inci.

Di dalam kabin mobil mendapatkan sentuhan teknologi-teknologi terkini dari VW. Mulai dari layar sentuh 10,0 inci, VW's Digital Cockpit dengan cluster instrumen virtual, dan pengontrol touchpad di roda kemudi. Ada juga tombol "R" khusus di roda kemudi untuk akses mudah ke mode berkendara. Potongan trim biru dan logo "R" menghiasi jok, dasbor, dan roda kemudi, sedangkan varian Golf R mendapatkan permukaan tempat duduk kulit Nappa.

Selanjutnya mengenai performa atau yang paling ditunggu-tunggu dari mobil hartchback sport ini. VW Golf terbaru dikemas dengan mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan 315 hp dan torsi 310 lb-ft. Tenaga meningkat 27 hp dan torsi meningkat 15 lb-ft dari model sebelumnya

Peningkatan performa ini dapat membuat VW Golf berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 4 detik dan mencapai kecepatan tertinggi di angka 250 km/jam. Bersama dengan mesin ada transmisi manual enam kecepatan atau DSG tujuh kecepatan.

Dari transmisi mobil tenaga disalurkan ke penggerak semua roda 4Motion. Berbeda dengan sebelumnya, VW Golf kini menawarkan diferensial belakang baru yang mendistribusikan tenaga secara bervariasi di antara as roda. Fitur ini dapat mengirimkan hingga 100 persen torsi ke roda menggunakan fitur khusus "Mode Drift".

Mode Drift baru adalah salah satu dari dua mode penggerak khusus yang dapat dikonfigurasi dalam mode Balapan dan menggabungkan opsi penggerak standar seperti Sport, Comfort, dan Individual.

Bagian kaki-kaki juga mendapatkan perhatian. VW Golf sekarang pakai suspensi depan tipe strut dan multi-link Golf R yang memberikan ketinggian pengendaraan 0,8 inci lebih rendah dari versi sebelumnya. Pegas yang lebih kaku dan geometri baru membuat performa baru Golf 10 persen lebih rigid dari pendahuluny. Mobil juga menjadi lebih ringan berkat penggunaan rangka aluminium ringan.

VW Golf R 2022 mulai dijual di AS mulai akhir tahun depan. Harganya diperkirakan akan berada sekitar USD 40 ribu atau setara Rp 590 juta.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha