Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Disarankan Berobat ke Puskesmas Terlebih Dahulu
Oleh : Ocep
Selasa | 29-05-2012 | 16:48 WIB

BATAM, batamtoday - Dinas Kesehatan Kota Batam meminta kepada warga tidak mampu di kota ini untuk terlebih dahulu memanfaatkan pelayanan Puskesmas sebelum berobat ke rumah sakit umum dengan menggunakan SKTM.

Chandra Rizal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam mengungkapkan, pelayanan Puskesmas belum maksimal dimanfaatkan oleh warga yang berobat menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

“Warga pengguna SKTM masih lebih banyak langsung berobat ke rumah sakit,” ujarnya, Selasa (29/5/2012).

Meskipun hal itu tidak dilarang, lanjutnya, namun dia menyarankan agar warga terlebih dahulu berobat ke Puskesmas terdekat.

Dijelaskannya, SKTM tidak sama dengan Jamkesmas (jaminan Kesehatan Masyarakat) yang dianggarkan oleh pemerintah pusat dan SKTM tidak memiliki masa berlaku seperti Jamkesmas.

Karena itu, lanjutnya, jika ada masyarakat kurang mampu menggunakan SKTM disarankannya untuk tidak langsung berobat ke rumah sakit untuk efesiensi anggaran, kecuali mengalami sakit parah.

“Kalau pilek saja masak harus ke rumahsakit. Intinya semua masyarakat kurang mampu itu pasti akan dapat SKTM. Tapi harus berjenjang dan syarat lainnya harus punya KTP," bilangnya.