Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil RDP Kecewakan Buruh PT Varta
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 29-05-2012 | 12:04 WIB

BATAM, batamtoday - Hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPRD Kota Batam dengan perwakilan buruh dan manajemen PT Varta yang menghasilkan empat poin kesepakatan disambut dengan kecewa oleh kalangan buruh di perusahaan tersebut. 

Salah seorang pengurus PUK FSPMI Varta, Ramon mengatakan RDP yang difasilitasi Komisi IV DPRD Batam yang pertama dan yang kedua menganggap belum mencapai kesepakatan. 

Hal ini terjadi lantaran pihak manajemen yang bisa membuat keputusan lagi-lagi tak hadir dan selalu diwakilkan dengan Manajer HRD, Puji Hartati dan kuasa hukum PT Varta yang sama sekali tak dapat berbuat apa-apa. 

"Masih seperti biasa bung, lagi-lagi tak ada hasil karena yang hadir bukan top manajemen melainkan HRD dan kuasa hukumnya," ungkap Ramon saat ditemui di lokasi PT Varta lot 23, Selasa (29/5/2012).

Ditambahkannya, RDP bersama pihak manajemen di Komisi IV DPRD Batam yang diharapkan oleh buruh sebagai jalan untuk menyelesaikan permasalahan. Namun, hal itu juga tak terwujud dan Komisi IV DPRD Batam berjanji akan mengadakan RDP untuk yang ketiga kalinya. 

"Harapan kita permasalahan itu dapat terselesaikan saat RDP di Komisi IV. Tapi, karena belum ada hasilnya sampai dua kali, maka akan digelar RPD untuk yang ketiga kalinya namun, waktunya belum kami ketahui," katanya. 

Ramon juga mengatakan, buruh berharap General Manajer (GM) PT Varta harus hadir dalam RDP yang ketiga karena dengan demikan maka akan ada hasil dan juga suatu keputusan bisa tercapai. Kalau masih pihak manajemen diwakili oleh HRD maka harapan buruh akan semakin pupus dan masalah akan tetap berlanjut. 

"Kami bukannya menambah masalah maupun memperpanjang masalah, makanya kita berharap GM PT Varta mau hadir dalam rencana RPD ketiga di Komisi IV ini,"jelasnya. 

Selanjutnya, kata Ramon untuk hari ini perwakilan buruh akan mendatangi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam untuk mempertanyakan masalah pengawasan terhadap perusahaan dalam ini PT Varta. Karena, mereka merasa pengawasan dari pihak Disnaker perlu dipertanyakan sejauhmana yang sudah mereka lakukan untuk menyelesaikan masalah. 

"Agenda hari ini, kami akan datangi Disnaker Batam untuk mempertanyakan pengawasan yang mereka lakukan," tutup Ramon seraya mengatakan waktunya nanti siang.