Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyalur Rebutan Pencaker di CC Batamindo
Oleh : Gokli/Dodo
Sabtu | 26-05-2012 | 10:47 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan pencari tenaga kerja (pencaker) yang memadati Community Center (CC) di Kawasan Industri Batamindo menjadi rebutan para penyalur tenaga kerja. Berbagai upaya dilakukan untuk merayu para pencaker supaya menggunakan jasa penyalur untuk mendapatkan kerjaan, Sabtu (26/5/2012) pagi.

"Mas, mbak mau kerja di perusahaan mana, biar kita masukkan. Tempat tinggal bisa milih mau di Dormitori atau di luar tinggal pilih, kita bisa atur asalkan lewat perusahaan kami," tawaran penyalur kepada pencaker di CC Batamindo. 

Salah seorang pencaker di lokasi, Asnita (22) menyebutkan tawaran pihak penyalur tersebut sangat menggiurkan, selain dapat memasukkan kerja juga masalah tempat tinggal yang bisa mereka atur. Namun, yang membuat para pencaker keberatan dalam hal ijazah yang selalu ditahan oleh pihak penyalur sebelum habis masa kontrak. 

"Sebenarnya sih lebih enak kalau lewat penyalur, tapi soal penahanan ijazah itu yang sangat sulit saya terima," kata Asnita yang juga diamini beberapa rekannya. 

Ditambahkan pencaker lain, Merlina (25) dari pengalamannya menggunakan jasa penyalur untuk masuk kerja memang jauh lebih enak. Kalau menggunakan jasa penyalur, pencaker tak perlu repot-repot untuk mengurus kartu kuning (kartu pencari kerja) dan juga SKCK. 

"Lewat penyalur memang enak, tapi tak bisa menjadi karyawan permanen. Masa terus-terusan kontrak, makanya saya mau cari yang langsung saja lewat perusahaan penyedia lowongan," terangnya. 

Beberapa pencaker di CC Batamindo yang sudah pernah merasakan jasa penyalur mengatakan sama dengan Merlina. Dimana selama menjadi karyawan penyalur yang disubkonkan ke perusahaan penyedia tenaga kerja, selama itu juga tetap karyawan kontrak dan tak bisa menjadi karyawan permanen. 

"Gaji bulanan juga ada potongan. Semakin kita banyak lembur, maka potongan gaji semakin bertambah. Hal ini memang menjadi kendala yang dihadapi oleh karyawan subkon," jelas Gunardi (25), warga Batuaji. 

Pantauan batamtoday pagi ini, CC Batamindo dipadati para pencari kerja baik laki-laki maupun perempuan. Di sela-sela padatnya pencaker tampak puluhan karyawan jasa penyalur dari beberpa perusahaan merayu dan menawarkan jasa. Selain dipadati manusia, lokasi tersebut juga dipadati puluhan sepeda motor yang parkir di halaman CC maupun di pinggiran jalan. 

Situasi yang paling padat dalam minggu ini yakni Senin sampai dengan Kamis. Untuk Jumat dan Sabtu tidak sepadat hari sebelumnya, namun masih tetap ramai.