Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Dualisme

KPU Tanjungpinang akan Verifikasi Kepengurusan Parpol
Oleh : Charles/Dodo
Jum'at | 25-05-2012 | 17:43 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua KPU Kota Tanjungpinang Hamid Ali mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi SK kepengurusan DPD maupun DPC pada setiap partai politik (parpol) di Tanjungpinang ke DPP masing-masing partai jelang pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tanjungpinang.  

Hal ini dilakukan, guna menghindari adanya dualisme kepemimpinan dan pengurus pada masing-masing partai menjelang pengusungan masing-masing calon kandidat wali kota melalui koalisi maupun poros yang dibentuk masing-masing partai politik.  

"Jadi sesuai dengan tahapan Pemilukada yang kita laksanakan, sebelum mengajukan masing-masing calon, SK masing-masing pengurus maupun ketua partai akan kita verifikasi pada masing-masing pengurus DPP-nya, hingga tidak terjadi dualisme kepimpinan," sebutnya saat menerima pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Kepri dan Tanjungpinang, Kamis (24/5/2012) kemarin. 

Sebenarnya, kata Hamid Ali, permasalahan internal masing-masing partai politik bukan merupakan urusan KPU. Tetapi ketika partai yang bersangkutan masuk dan ikut dalam koalisi, mengusung salah satu calon, sesuai dengan krateria memenuhi 15 persen kuota suara di DPRD, maka SK pengangkatan masing-masing pengurus partai pengusung yang berkoalisi itu akan diverifikasi ke masing-masing DPP partainya. 

Sementara itu, Ketua DPD PAN kota Tanjungpinang, Firdaus menyatakan, dirinya akan mempertahankan SK pengangkatanya sebagai ketua DPD PAN kota Tanjungpinang, sebagaimana SK yang dikeluarkan oleh pengurus DPP PAN. Kendati keabsahanya sebagai unsur ketua DPD PAN Kota Tanjungpinang tidak diakui Irsyadul Fauzi, mantan ketua DPD-PAN sebelumnya. 

"Sampai saat ini Irsyadul Fauzi masih kader PAN di Tanjungpinang, tetapi bukan merupakan Ketua DPD, karena melalui SK yang dikeluarkan DPP PAN, saya telah ditunjuk sebagai Ketua DPD PAN dan SK ini sampai kapanpun akan saya pertahankan," ujarnya. 

Di sisi lain, Firdaus juga mengatakan pernyataan Irsyadul mengenai dualisme kepemimpinan DPD-PAN Tanjungpinang, merupakan hal yang tidak benar, karena secara kelembagaan, DPP PAN telah menunjuk dan mengangkat sejumlah pengurus sesuai dengan SK yang dikeluarkan.