Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Plat Besi Bernilai Senilai Rp1,6 Miliar Dicuri
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 24-05-2012 | 17:51 WIB

BATAM, batamtoday - Potongan plat besi senilai Rp1,6 miliar milik perusahaan galangan kapal PT McDermott dilaporkan telah dicuri dari lahan kosong belakang PT Cameron, Batu Ampar pada pertengahan bulan April yang lalu.

Dikatakan oleh Mohammad Nahar Setiawan, Warehouse Manager PT McDermott Indonesia bahwa hilangnya potongan plat besi tersebut diketahui pada 16 April 2011 pukul 16.00 WIB lalu. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata ditemukan di salah satu perusahaan penampung besi tua di Batuampar pada tanggal 25 April 2012.

"Kita  melakukan pengecekan bersama sekuriti PT McDermott Indonesia Batam dan ditemukan di penampungan besi tua. Penemuan tersebut langsung kita laporkan ke Polsek Batuampar pada tanggal 26 April 2012," kata Nahar.

Nahar juga mengatakan bahwa pihak perusahaan telah mencurigai adanya keterlibatan orang dalam yang saat ini telah tidak diketahui lagi rimbanya. Perusahaan juga telah melakukan pengecekan di CCTV yang terlihat truk-truk sedang mengangkut potongan plat besi tersebut.

"Bahkan dari gambar yang terekam CCTV, diketahui secara detail waktu pengambilan plat besi dan kemudian diangkut menggunakan truk," lanjutnya.

Plat besi tersebut akan digunakan untuk proyek yang tengah dikerjakan PT Mc Dermott. Plat telah dipotong-potong dengan harga per tonnya mencapai Rp5 juta.

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Zaenal Arifin saat dikonfirmasi batamtoday mengatakan masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Pihaknya telah memeriksa 16 orang saksi dari pihak Manajemen PT Mc Dermott dan penampung besi tua. 

"Masih dalam penyelidikan. Akan kita periksa saksi-saksi lainnya. Barang-barang telah kita amankan dan dititip di lokasi PT Mc Dermott," kata Zainal, Kamis (24/5/2012).