Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anas dan Ibas Nyaris Diamuk Massa di Ternate
Oleh : Redaksi/Republika
Kamis | 24-05-2012 | 12:02 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), hampir menjadi sasaran amuk massa saat baru saja tiba di Bandara Baabullah, Ternate, Maluku Utara, pada Kamis (24/5/2012) sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, keduanya berhasil diamankan ke dalam pesawat dan diterbangkan kembali ke Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Maluku Utara, AKBP Ramli memaparkan tujuan kedatangan Anas dan Ibas ke Ternate, Maluku Utara untuk menghadiri Musyawarah daerah II Partai Demokrat Maluku Utara yang dimulai hari ini.  

Namun, saat baru saja tiba di Bandara Baabullah, tiba-tiba massa yang diketahui berasaldari DPD Partai Demokrat Maluku Utara langsung menghampiri Anas dan Ibas serta berupaya menyerang keduanya. 

Massa tersebut diduga  sebagai pendukung dari Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Utara yang juga Gubernur Maluku Utara yaitu Thaib Armain.  

Saat kejadian, Anas dan Ibas berlindung di belakang salah seorang pengawalnya sehingga tidak terkena pukulan dari massa. Sebaliknya, nasib nahas menimpa dialami dua pengurus DPP Partai Demokrat bernama Ibrahim dan Syarif, yang tidak bisa menghindar. 

"Anas dan Ibas tidak sempat dipukul massa, karena sudah langsung diamankan ke pesawat lagi," kata Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Ramli seperti dikutip Republika.

Dia menambahkan pihak Polda Maluku Utara telah mengamankan satu orang yang menggerakkan massa yang diduga sebagai provokator aksi penyerangan. Mengenai alasan penyerangan, ia menduga hal ini disebabkan masalah internal partai yang belum diketahuinya. 

"Satu orang masih diperiksa, kita juga belum pemeriksaan ke TKP (Tempat Kejadian Perkara). Alasan (penyerangan) belum tahu, itu masalah internal partai," jelasnya.