Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data Terkini, 15 Nakes di Kota Batam Terpapar Covid-19
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 29-08-2020 | 16:47 WIB
dr-didi1.jpg Honda-Batam
Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasien positif terpapar Virus Corona (Covid 19), di Kota Batam, Kepulauan Riau terus meningkat tajam setiap harinya.

Bardasarkan rilis resmi Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Batam, Sabtu (28/8/2020) sebanyak 54 orang yang terpapar Virus mematikan itu. Di mana 15 orang diantaranya merupakan Tenaga Kesehatan (Nakes).

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, data penambahan pasien positif ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil Temuan Kasus Baru Dan Hasil Tracing kontak erat dari pasien positif sebelumnya.

"Dengan ini kami sampaikan uraian jumlah pasien positif yang terpapar Covid 19 dari temuan kasus baru, sebanyak 54 orang Warga Kota Batam yang terdiri 18 orang laki-laki dan 36 orang perempuan dinyatakan positif Covid 19 berdasarkan hasil tes swab," kata Didi, Sabtu (29/8/2020).

Dijelaskannya, dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh klaster yang ada, dapat disimpulkan sementara sudah terlihat adanya perbaikan dengan penurunan jumlah kasus baru.

Hanya saja, masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai Klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi dari transmisi lokal maupun import karena masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan.

"Hal ini diprediksi demikian, lantaran masih banyak masyarakat yang mengabaikan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan dan himbauan dari pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di Batam," tegasnya.

Sejauh ini, berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Batam, Didi merinci, terdapat 599 kasus positif Covid 19 di Batam, sebanyak 374 pasien telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, 193 orang pasien positif Covid 19 masih dimendapat perawatan medis, sedangkan 32 orang pasien dinyatakan meninggal dunia.

Editor: Dardani