Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR Gelar Sosialisasi Empat Pilar dan Deklarasi Kebangsaan 75 Tahun Merdeka Bersama Klub Mobil Klasik
Oleh : Irawan
Minggu | 23-08-2020 | 15:36 WIB
bamsoet_mobil_klasik.jpg Honda-Batam
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat melihat mobil klasik nasional yang hadir (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - MPR RI menggelar Sosialisasi Empat Pilar dengan klub Mobil Klasik Nasional yang tergabung dalam Automobile Pride and Nasionalisme di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (23/8/2020).

Dalam kesempatan ini juga digelar deklarasi Kebangsaan 75 Tahun Indonesia Merdeka yang disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, di DPR RI Jakarta.

Menurut Bamsoet, pertemuan ini tidak memandang status atau kedudukan seseorang, apakah jenderal, komisirasi besar, kopral, prajurit atau siapapun berkumpul dalam posisi yang sama, yaitu sama-sama hobi mobil tua, ini mobil tua bukan tua yang lain.

"Saya lihat disini komunitas suka cukup beragam, ada yang kolonial ada juga yang milenial. Sebagaimana kita pahami bersama, Indonesia sebagai negara besar dan majemuk adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, di mana kiprah kemajemukan tersebut antara lain 'persatuan' yang menjadi satu-satunya aset kita, jadi anugerah diberikan oleh Allah subhaanahu wata’ala kepada bangsa kita adalah persatuan," kata Bamsoet.

Dalam rangka memantapkan persatuan dan kesatuan nasional seluruh rakyat Indonesia, lanjut Bamsoet, harus memiliki pandangan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Saya ingin menyampaikan pesan moral, mengapa Empat Pilar ini penting bagi kita semua, kita tentu tidak ingin menjadi Suriah dan negara-negara timur tengah lainnya yang hancur karena perang saudara, karena perang antar agama, karena perang antar suku, adat dan sebagainya, perang saudara," katanya.

Disini adalah menyadarkan, bahwa walaupun agama, kepercayaan, suku dan asal kita berbeda-beda, namun kita memiliki tujuan yang sama dan memiliki bendera yang sama, memiliki semangat yang sama, yaitu Merah-Putih dan Indonesia.

"Saya ingin memperlihatkan kepada saudara apa yang menjadikan kekhawatiran kita kalau kita tidak memahami, tidak menghayati dan melaksanakan, mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar yang kita sosialisasikan, yaitu menjaga Pancasila, menjaga NKRI, menjaga Kebinekaan, melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia secara konsisten," tutur Bamsoet.

Selain mendengarkan paparan tentang Empat Pilar Kebangsaan yang disampaikan Ketua MPR RI Bamsoet dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, komunitas klub mobil klasik yang tergabung dalam Automobile Pride and Nasionalisme ini menggelar Deklarasi Kebangsaan 75 tahun Indonesia Merdeka.

Sementara itu Ketua Klub Otomotif Mobil VW dan Mobil Antik, Nanan Soekarna mengatakan, kegiatan ini menunjukan nasionalisme para pecinta mobil klasik.

"Kita akan patuh, taat, dan komit terhadap empat pilar kebangsaan. Bukan hanya di mobil tetapi justru menjadi nilai-nilai yang kita harus junjung tinggi," kata Nana.

"Komitmen Empat Pilar dan komitmen kebangsaan itulah tadi ada deklarasi kebangsaan dengan tujuh budi utama dengan akhlaq bangsa ini. Itu harapan seluruh anggota kami yang mencapai lebih dari 200 klub otomotif dengan anggota sekitar 70.000 orang," tutup Nanan.

Editor: Surya