Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Mudah Menghilangkan Baret Bodi Mobil, Pakai Alat Seadanya
Oleh : Redaksi
Rabu | 19-08-2020 | 11:00 WIB
hilangkan-baret-mobil1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Baret pada bodi mobil tentu mengurangi estetika. Mobil jadi kurang enak dipandang.

Cara menghilangkan baret pada bodi mobil beragam, tergantung tingkat kerusakan. Paling mudah tentu saja dengan membawa langsung ke bengkel mobil, namun tentunya dengan biaya yang cukup menguras kantong.

Namun jika baretnya tidak terlalu dalam tentu masih bisa dikerjakan di rumah dengan beberapa alat seadanya.

Untuk diketahui bodi mobil sendiri terdiri dari empat lapisan yakni, lapisan bening, warna, primer, dan baja. Jika baret masih sedalam cat lapisan bening maka dapat dikatakan 'dangkal'. Adapun biasanya lecet seperti ini diakibatkan kerikil, debu, atau bahkan tidak sengaja tergores kuku.

Cara mudah mengukur tingkat kedalaman baret adalah dengan menggunakan kuku. Jika kuku Anda terbenam ke dalam maka bisa dikatakan baret yang ada sudah cukup dalam, namun jika belum maka masih kategori dangkal. Berikut caranya:

1. Menghilangkan baret dangkal di bodi mobil menggunakan pasta gigi
Pasta gigi mengandung beberapa senyawa kimia, dan salah satu senyawa itu yang dapat berfungsi menghilangkan baret.

Anda cukup menyediakan kain lembut, kemudian oleskan isi pasta gigi pada kain tersebut. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan permukaan mobil yang baret bersih dari kotoran seperti debu, oli.

Setelah itu gosokkan kain yang sudah dilumuri pasta gigi ke bagian bodi yang baret. Lalu gosokkan beberapa kali hingga baret nampak hilang. Senyawa kimia yang ada pada pasta gigi hanya bisa menyamarkan baretan.

2. Menghilangkan baret menggunakan kompon
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan senyawa pemoles atau disebut juga polishing compound. Orang-orang Indonesia biasa menyebut bahan ini dengan sebutan'kompon'.

Bahan ini dijual bebas. Kompon bekerja dengan cara mengikis cat di sekitar goresan sehingga membuat goresan tertutup, setelah itu kondisi cat mobil pun kembali mulus.

Ada baiknya pilih kompon warna putih karena hasilnya akan jauh lebih maksimal. Untuk menggunakan kompon, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan yang baret dari segala jenis kotoran.

Setelah itu keringkan permukaan mobil dengan lap yang halus dan kering. Lalu, oleskan kompon ke atas goresan secukupnya. Selanjutnya segera bersihkan dengan kain bersih sebelum mengering. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu menekan supaya tidak banyak bagian cat yang terkikis.

3. Menggunakan lotion obat nyamuk
Cara menggunakan lotion nyamuk untuk menghilangkan baret tidak beda jauh dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Lumuri obat nyamuk di atas cat yang baret, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 detik.

Setelah menunggu bilas bagian mobil yang telah ditutupi lotion tadi dengan air bersih beberapa kali hingga lotion hilang. Selepas itu Anda bisa lap menggunakan lap 'kanebo'. Pastikan sampai kering dan tidak ada air yang tersisa.

Obat nyamuk akan bekerja dengan mengangkat lapisan bening cat dan kemudian menutup bagian yang telah kena baret.

Cara menghilangkan baret mobil di atas memang cukup mudah, namun perlu dicatat jika baret sudah dalam ada baiknya langsung ke bengkel mobil terdekat. Sebab komponen-komponen itu hanya bisa memperbaiki pada tingkat lapisan bening.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha