Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengumuman Jadwal SKB CPNS Telah Keluar, Cek di Masing-masing Instansi
Oleh : Redaksi
Selasa | 18-08-2020 | 13:08 WIB
latsar-cpns-kepri2.jpg Honda-Batam
Latsar CPNS Pemprov Kepri beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah hari ini mengumumkan hasil penjadwalan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam serangkaian proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pengumuman tersebut dapat dilihat melalui web masing-masing instansi.

Seperti diketahui, proses penjadwalan SKB telah berlangsung sejak 10-14 Agustus 2020.

"Cara ceknya lihat situs di instansi. Nanti akan diumumkan di masing-masing instansi," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono melalui pesan singkat dilansir CNN Indonesia, Selasa (18/8/2020).

Paryono mengatakan setelah masuk pada situs instansi yang dituju, para pelamar dapat langsung mengakses pengumuman tersebut melalui menu Pengumuman CPNS.

SKB CPNS pada tahun ini akan digelar dengan metode Computer Assited Test (CAT) yang akan dijadwalkan pada 1 September sampai 12 Oktober 2020.

Kemudian bagi instansi yang melaksanakan SKB tambahan tanpa CAT, waktu dan teknis pelaksanaan akan diatur oleh masing-masing instansi yang telah memiliki persetujuan.

Sebagai informasi SKB adalah tahapan lanjutan setelah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Mereka yang dinyatakan lolos dalam tes SKD berhak untuk lanjut ke tes SKB.

SKB merupakan tahapan yang cukup menentukan bagi orang-orang yang berharap lolos menjadi CPNS. Pada tahap ini, bobot hasil SKB menentukan 60 persen kelulusan sang pelamar.

Bobot itu kemudian akan digabungkan dengan hasil SKD sang peserta. Keduanya kemudian diintegrasikan untuk menentukan kelulusan.

Adapun berdasarkan data yang CNNIndonesia.com dapat dari Paryono, jumlah peserta yang lolos dan ikut tes SKB seleksi CPNS 2019 ada 336.487 peserta. Rinciannya 83.175 peserta di pusat dan 253.312 lainnya di daerah.

Lalu peserta SKB yang akan melaksanakannya dengan metode CAT ada 297.190 peserta dengan rincian 43.878 di pusat dan 253.312 peserta di daerah.

Terkait jumlah instansi yang menggelar tes sendiri ada 504 buah dengan rincian 456 di Kabupaten/Kota dan 48 terdaftar sebagai instansi pusat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha