Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanggapan Istana Terkait Protokol Pelantikan Gubernur Kepri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-08-2020 | 16:04 WIB
isdianto_gubernur11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelantikan Gubernur Kepri Isdianto di Istana Negara. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi laporan tentang Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto yang dikonfirmasi positif corona usai melakukan pelantikan pada 27 Juli lalu.

Dia mengatakan bahwa selama proses pelantikan, pihak Istana telah melalui sejumlah protokol kesehatan, termasuk melakukan uji swab pada Isdianto, keluarga, serta pejabat terkait yang hadir.

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta," ujar Heru, Sabtu (1/8/2020).

Dijelaskan, selama prosesi pelantikan berlangsung, telah meminimalkan kontak langsung antara Presiden Joko Widodo dan Gubernur Kepulauan Riau yang saat itu akan dilantik.

"Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres (Keputusan Presiden) tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu," kata Heru.

Dia menambahkan artinya pihaknya sudah melaksanakan dan menjaga kondisi protokol kesehatan dengan ketat saat acara tersebut.

Selain itu, Heru juga mengungkapkan bahwa sejumlah protokol kesehatan lainnya telah diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, khususnya selama prosesi pelantikan berlangsung seperti memakai masker dan jaga jarak.

"Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," tutur Heru.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha