Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bukti Pemanasan Global Ada di Australia
Oleh : Redaksi/PG
Senin | 21-05-2012 | 12:03 WIB

MELBOURNE, batamtoday -- Analisis data iklim selama 1.000 tahun terakhir berhasil membuktikan terjadinya peningkatan suhu di wilayah Australia. Hal ini terungkap dalam siaran pers Universitas Melbourne yang diterbitkan pada Rabu (16/5/2012).

Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menggunakan 27 catatan iklim alami (natural climate records) untuk merekonstruksi perubahan suhu di wilayah Australasia selama 1.000 tahun terakhir.

Wilayah Australasia adalah wilayah yang mencakup Australia, Selandia Baru dan pulau-pulau di sekitarnya di Samudra Pasifik.

Penelitian ini dipimpin oleh peneliti dari Universitas Melbourne dengan menggunakan berbagai macam indikator alami seperti lingkaran pohon (tree rings), koral dan inti es (ice cores) guna meneliti perubahan suhu di wilayah Australasia selama 1000 tahun terakhir dan membandingkannya dengan melakukan simulasi iklim.

Dr Joelle Gergis, Kepala Peneliti dari Universitas Melbourne menyatakan, analisis data selama 1.000 tahun terakhir mengungkapkan, telah terjadi peningkatan suhu (warming) di wilayah Australasia sejak tahun 1950.

"Peningkatan suhu di wilayah ini terjadi akibat perilaku manusia," ujar Dr Joelle. Penelitian ini diterbitkan dalam “Journal of Climate” dan akan menjadi bagian dari laporan IPCC yang ke-5.

Catatan alami yang dikenal dengan nama 'palaeoclimate' - seperti lingkaran pohon (tree rings), koral dan inti es – menurut para peneliti berperan penting mengevaluasi iklim global dan regional sebelum dimulainya praktik pencatatan suhu bumi pada tahun 1910.

Dr Gergis mengumpulkan semua catatan alami ini selama berpuluh tahun dibantu oleh lebih dari 30 peneliti dari Australia, Selandia Baru dan peneliti lain dari seluruh dunia.