Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

La Nyalla Ungkap Semua Komite di DPD Tolak RUU Cipta Kerja
Oleh : Irawan
Minggu | 26-07-2020 | 10:35 WIB
la_nyala_airlangga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rapat Kerja antara Pimpinan DPD dan Pimpinan Komite dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattaliti menyampaikan, pimpinan Komite I hingga IV di DPD sepakat menyampaikan penolakan terhadap frasa atau semangat menarik kewenangan daerah ke pusat.

Para Senator menganggap Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja setback kepada era sentralistik. Ini disampaikan saat rapat dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartanto.

Dalam kesempatan itu, La Nyalla sempat menyinggung ada frasa dalam RUU Ciptaker yang bertentangan dengan konstitusi, di Pasal 18 ayat 1, 2 dan 5 UUD NRI 1945. Karena semangat sentralisasi perijinan dan kewenangan pemerintah pusat, bisa berpotensi merugikan daerah.

"Ini bisa juga menghilangkan semangat otonomi daerah yang telah kita rintis sejak awal era reformasi," ujar La Nyalla dalam siaran persnya, Sabtu (25/7/2020).

Ditambahkan La Nyalla, para pimpinan alat kelengkapan DPD juga memandang hilangnya kepastian hukum terkait sanksi pidana dan administratif sebagai pengganti sanksi pidana. Dan akan menjadi sangat gemuk delegasi pengaturan ke peraturan pelaksana di bawah UU.

Ditambah lagi, kewenangan Presiden mencabut Perda di Pasal 166 RUU tersebut rawan melanggar Putusan Mahkamah Konstitusi yang sudah ada.

Menanggapi hal itu, Airlangga mengatakan, pemerintah memang ingin mempercepat pembahasan RUU Ciptakerja ini mengingat RUU ini adalah reformasi paling positif di Indonesia dalam 40 tahun terakhir, khususnya di bidang investasi dan perdagangan.

"Apalagi dalam resesi global, RUU ini memberikan sinyal kepada dunia bahwa Indonesia kondusif dan terbuka untuk bisnis, ini penting di tengah sumber daya fiskal kita yang terbatas," kata politikus Partai Golkar tersebut.

Airlangga mengakui, pemerintah kurang dalam melakukan sosialisasi RUU tersebut sehingga menimbulkan banyak respon dari berbagai kalangan. Namun, pihaknya tetap mendengar dan berusaha mengakomodasi semua masukan dari parlemen, baik dari DPR maupun DPD.

"Saya terima semua kesimpulan pendapat bapak ibu pimpinan Komite I hingga IV siang ini. Tentu pemerintah memperhatikan dan mengakomodasi," paparnya.

Rapat kerja gabungan alat kelengkapan DPD RI dengan Menko Perekonomian yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, diakhiri dengan penyerahan kesimpulan pendapat dari masing-masing Komite di DPD RI kepada Menko Airlangga.

Editor: Surya