Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Orang Warga Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19, Total Jadi 254 Pasien
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 11-07-2020 | 19:22 WIB
rudi-nambah-lagi.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, kembali menyampaikan dua warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hari ini ada 2 warga Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya penambahan ini, tercatat ada 254 kasus positif Covid-19 di Kota Batam," kata Rudi, melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/7/2020) sore.

Kedua pasien baru ini adalah wanita. Mereka dinyatakan positif, kata Rudi, dari hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan dari kasus baru.

Rudi menjelaskan, pasien pertama yang dinyatakan positif adalah seorang wanita berinisial T, merupakan pedagang juice di Pasar Fanindo. Ia beralamat di Perumahan Prima Garden, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam.

"Pedagang juice ini diketahui positif Covid-19 setelah mengikuti RDT yang diselenggarakan Satgas Penanganan Covid-19 di Puskesmas Tanjunguncang," ujarnya.

Setelah mengetahui hasil RDT yang bersangkutan reaktif Covid-19, kata dia, pasien tersebut langsung dievakuasi untuk melaksanakan karantina atau isolasi di rumah sakit khusus infeksi (RSKI) Galang. "Setibanya di sana, pasien langsung dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini terkonfirmasi positif. Dengan dinyatakan positif, pedagang ini kemudian ditetapkan sebagai kasus baru nomor 253 di Kota Batam," tambahnya.

Sementara pasien kedua yang dinyatakan positif, lanjutnya, juga merupakan pedagang sayur di Pasar Fanindo. Ia diketahui positif setelah mengikuti RDT yang diselenggarakan Satgas penanganan Covid-19 di Puskesmas Tanjunguncang. "Pasien kedua juga merupakan seorang pedagang berinisial M. Ia bertempat tinggal di Perumahan Kampung Bumi Aji, Kebun Sayur, Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung, Kota Batam," terangnya.

Pasien ini, lanjutnya, ditetapkan sebagai kasus baru nomor 254 di Batam berdasarkan hasil pemeriksaan swab test tenggorokan di RSKI yang hasilnya diperoleh pada hari ini terkonfirmasi positif.

Walaupun sudah dinyatakan positif Covid-19, sambungnya, kondisi kedua pasien sejauh ini dalam keadaan stabil. Kini, mereka ditempatkan di ruang perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang untuk proses perawatan selanjutnya.

Selain penambahan kasus positif, disaat yang sama, Rudi juga menyampaikan kabar gembira tentang kesembuhan seorang pasien positif Covid-19 di Kota Batam. "Hari ini ada penambahan 2 pasien positif. Namun disaat yang sama, seorang pasien yang lebih dahulu terkonfirmasi positif Corona dinyatakan sembuh oleh tim medis," tambahnya.

Pasien yang dinyatakan sembuh, sambungnya, adalah kasus nomor 246 bernama Ahmadan Habibul Haq, warga Tiban Bukit Permai Blok C, nomor 3, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Ia dinyatakan sembuh, tambahnya, berdasarkan dua kali hasil negatif saat mengikuti pemeriksaan swab test yang diterima dari BTKLPP Batam. "Dengan demikian, berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menangani menyatakan para pasien tersebut telah sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit," pungkasnya.

Editor: Gokli