Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Coba Bunuh Diri, WN Singapura Warga Binaan Lapas Batam Tewas Usai Dirawat di Rumah Sakit
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 29-06-2020 | 14:36 WIB
minum-racun.jpg Honda-Batam
ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Muhammad Asri, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam yang merupakan warga negara asing (WNA) Singapura dinyatakan meninggal, setelah sempat mencoba melakukan percobaan bunuh diri, Sabtu (27/06/2020).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam Mishbahuddin, saat dikonfirmasi membenarkan insiden tersebut. Peristiwa itu diketahui pertama sekali pleh rekan korban di Blok D12. Saat itu korban ditemukan dalam kondisi muntah-muntah di dalam kamar mandi setelah meminun cairan pembersih lantai (porstek).

"Awal kejadian bermula pada Sabtu 27 Juni sekitar pukul 19.30 WIB. Rekannya menemukan dalam kondisi muntah-muntah di dalam kamar mandi. Yang bersangkutan langsung dibawa ke poliknik Lapas untuk diambil tindakan," ujar Mishbahuddin, Senin (29/06/2020).

Asri sempat dilakukan perawatan. Sekitar pukul 20.15 Wib, perawat datang melakukan pengecekan didampingi tenaga kesehatan. Kemudian dilakukan tindakan dengan memberi cairan susu guna menormalkan kondisi korban. Setelah itu, Asri muntah sebanyak 3 kali secara spontan dengan keadaan baik.

Sekira pukul 21.00 Wib, kondisi Asri mulai stabil, dan dirawat sampai keesokan harinya di poliklinik. Pada Minggu 28 Juni 2020 sekira pukul 06.00 WIB, Asri sarapan dan melakukan aktivitas seperti biasa. Namun pada pukul 11.05 WIB, Asri mengeluh sesak napas.

"Sekitar pukul 11.10 WIB, petugas menghubungi perawat untuk selanjutnya dibawa ke RSUD Embung Fatimah. Tapi setelah sempat dirawat, sekitar pukul 11.50, pasien dinyatakan meninggal dunia oleh dokter RSUD Embung Fatimah Kota Batam," tuturnya.

Hingga kini jenazah masih disemayamkan di RSUD Embung Fatimah.

Editor: Chandra