Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ringankan Beban Masyarakat Dampak Covid-19, Ikatan Tionghoa Muda Kepri Buka Dapur Umum
Oleh : Asyri
Jum\'at | 26-06-2020 | 09:24 WIB

BATAMTODAY.COM Tanjungpinang - Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto dan Plt. Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma meninjau dapur umum yang dibuka oleh Ikatan Tionghoa Muda (ITM) bekerjasama dengan Tagana dan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau di Halaman Kantor Lurah Tanjungpinang Kota, Kamis (25/6/2020).

Plt. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma menyampaikan, dapur umum tersebut dibuka sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam menghadapi COVID-19 di Kota Tanjungpinang.

"Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dapur umum ini yang melibatkan Ormas, OKP, serta seluruh organisasi agama, dan Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus mengakomodir serta mendukung kegiatan dapur umum ini, semoga dapur umum ini dapat mengurangi kesulitan pada masyarakat saat virus Covid-19 ini," ujar Rahma.

Rahma menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah berjalan sejak 24-30 Juni sudah mulai mendistribusikan 2.000 nasi bungkus per hari di 10 lokasi yang sudah ditentukan oleh pelaksana.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan makan siang atau malam, bisa mengambil nasi bungkus setiap jam 12 siang dan jam 17.30 di lokasi yang sudah ditentukan, dan tentunya dapat menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, dan tidak berkerumun saat mengambil nasi bungkus yang di berikan," tambah Rahma.

Sementara itu, Rudy Chua, Anggota DPRD Provinsi Kepri mengatakan, dapur umum tersebut dalam per hari menyediakan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 2.000 bungkus yang disebar di 10 titik.

"Anggaran yang dikeluarkan perhari sebesar Rp 20 juta untuk makan siang dan malam bagi yang membutuhkan. Tujuan kami membuat dapur umum ini bersama Ikatan Tionghua Muda (ITM) bekerjasama Tagana Kepri dan beberapa organisasi lainnya, untuk meringankan beban masyarakat. Semoga apa yang kita berikan ini bermanfaat bagi warga yang terdampak di masa pandemi Covid-19," sebutnya.

Bagi warga yang membutuhkan nasi bungkus ini, dapat mengambil langsung ke lokasi pembagian di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kantor ITM Potong Lembu, Depan HKBP Kampung Baru, Depan Bakso Solo (Simpang Perla), depan Batam Pos Jalan Pramuka, depan Ruko Forward Comp Simpang Km. 7, depan Gedung Muhammadiyah Km. 8 atas, depan Tanjungpinang Pos Bintan Center, depan Masjid Abbas Talib Handjoyo Putro, dan simpang empat Ganet.

Kegiatan ini didukung dan dibantu oleh seluruh komponen masyarakat Tanjungpinang yang tergabung dalam Vihara Bahtera Sasana, Vihara Dharma Sasana, PW Muhamadiyah Kepri, PBNU, Ansor, Mapan bumi, Vimalakirti Soka Bintan, Yayasan Pendidikan Budha Dharma, Badan Kerjasama Antar Gereja, Forum Komunikasi Antar Gereja, Maga budhi, LSM Taruna Bangsa dan Aliansi Jurnalis Indonesia.

Hadir dalam peninjauan tersebut Plt. Gubernur Kepri, H. Isdianto SSos MM, Plt. Walikota Tanjungpinang yang didampingi oleh Anggota DPRD Provinsi Kepri Rudi Chua SE MH, Ketua Tagana Provinsi Kepri, Plt. Camat Tanjungpinang Kota dan Lurah Tanjungpinang Kota dan Ketua ITM Kepri, Edyanto.

Editor: Yudha