Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beroperasi Saat Pandemi Covid-19, Judikah Permainan Pingpong di Salah Satu Hotel di Seraya?
Oleh : Pascalis RH
Rabu | 17-06-2020 | 12:36 WIB
permainan-pimpong.png Honda-Batam

PKP Developer

Permainan pimpong di Hotel Seraya Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai kota industri bernuasa wisata, tidak dapat dipungkiri lagi kemajuan Kota Batam semakin pesat. Terlebih lagi jumlah wisatawan yang masuk ke Batam, terbanyak pada urutan nomor tiga setelah Bali dan Jakarta.

Hiruk pikuk gemerlap hiburan malam turut serta meramaikan perputaran ekonomi di Kota Batam. Namun belakangan, hiruk pikuk itu sirna di telan pandemi Covid-19.

Wabah Covid-19 alias virus corona meluluhlantakkan keramaian itu, sejak Februari 2020 lalu. Batam tak seramai dulu lagi. Semua tempat hiburan dan permainan ketangkasan tutup. Angka pengangguran pun melonjak.

Namun kesenyapan dunia hiburan dan permainan itu seolah terbangun akhir Mei lalu. Keheningan itu sontak riuh oleh sebuah permainan ketangkasan tebak nomor bola tiup, sering disebut pimpong, yang patut diduga bernuansa judi. Permainan yang dikenal dengan bola pimpong itu tampil tanpa pengunjung karena dujual secara online. Cukup kreatif memang.

Permainan ini tidak membutuhkan ketangkasan, cukup mengandalkan nasib saja. Orang yang mengikuti pemain cukup memilih nomor bola dan memesannya secara online (pesan WhatsApp), dan mengikuti perputaran bola pimpong dari rumah.

Tebak nomor pada bola pimping yang muncul dalam permukaan sebuah aquarium bulat itu ternyata cukup diminati. Lokasi aktivitas permainan itu patut diduga berada di salah satu hotel di Seraya, Batam, yang tak jauh dari salah satu rumah sakit swasta di Batam.

Juri yang tampil di samping aquarium kaca berbentuk bundar itu tidak menampakkan wajah. Hanya tangan wanita yang diyakini berparas cantik itu yang terlihat mengambil bola pimpong yang naik ke permukaan aquarium setelah ditiup angin.

Nomor yang diperebutkan mulai dari 1 sampai 24. Salah seorang warga Batam yang tidak ingin disebutkan namanya, menjadi salah satu peserta. Ia mengatakan, untuk dapat menjadi salah satu perserta cukup mengakses nomor yang disiapkan.

"Permainan bola pimpong dilakukan secara online. Jadi pemain tidak perlu datang ke lokasi. Pemasangan kita setor ke rekening yang disediakan," kata dia kepada BATAMTODAY.COM belum lama ini.

Cara untuk mengikuti taruhan tebak nomor bola pimpong ini pun cukup mudah. Setelah masuk ke dalam jaringannya, tinggal meminta nomor rekening bandar. Setelah nomor rekening bandar diberikan pemain bisa langsung mentransfer uang sesuai keinginan.

"Saya tranfer kepada rekening atas nama Jhonny. Setelahnya baru saya ingin ikuti permainan dengan menebak nomor pada priode perputaran," ujarnya.

Ia mengatakan, nilai uang yang dipasang tiap perputaran relatif sama seperti sebelumnya, main di tempat. Perbedaannya dulu sebelum corona main langsung di tempat hanya saja saat ini main dengan cara online.

"Cara permainan tidak ada yang berbeda. Hadiah yang kita dapat juga sama 22 kali lipat. Yang berbeda sekarang main di luar ring dan memang uang terlebih dahulu mentranfer ke rekening bandar," ucapnya kembali.

Sumber juga menyebut nama 'H' sebagai manajer operasional permainan bola pimpong di hotel tersebut. "Manajernya 'H'," ujar sumber seraya memberikan nomor ponsel yang bersangkutan.

Namun sayang, beberapa kali nomor tersebut dihubungi untuk upaya konfirmasi, yang bersangkutan tidak bersedia menanggapi. Baik melalui sambungan telpon maupun konfirmasi melalui WhasApp.

Editor: Dardani