Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Berlanjut, Konstelasi Politik di Karimun Kembali Menghangat
Oleh : Freddy
Senin | 15-06-2020 | 17:52 WIB
ing-iskandarsya-pks.jpg Honda-Batam
Politisi PKS, Ing Iskandarsyah yang digadang maju jadi calon Bupati Karimun pada Pilkada 2020. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Konstelasi politik jelang Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun mulai menghangat, setelah adanya kepastian kelanjutan pelaksanaan yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah Partai politik sudah memunculkan nama bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun untuk berkompetisi pada Pilkada serentak 2020.

Sebut saja, Partai Keadilan sejahtera (PKS) sudah merekomendasikan kadernya Ing Iskandarsyah yang kini sebagai anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau untuk maju dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun sebagai calon Bupati.

Keseriusan Ing Iskandarsyah untuk maju dalam pesta demokrasi ini ditandai dengan banyaknya baleho maupun banner Politikus PKS tersebut, untuk memohon dukungan maju sebagai Bupati Karimun pada Pilkada 2020.

Muhammad Ginastra, Sekretaris DPD PKS Kabupaten Karimun mengatakan, PKS sudah merekomendasikan kadernya, Ing Iskandarsyah untuk ikut bertarung pada Pilkada serentak 2020 sebagai calon Bupati.

Ia menjelaskan, selain kesiapan Ing Iskandarsyah untuk maju dalam Pilkada 2020 Kabupaten Karimun, PKS sudah pula menjalin komunikasi politik dengan beberapa partai lainnya seperti dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk berkoalisi.

"Paling tidak saat ini ada lima politikus yang membangun komunikasi dan dilirik PKS sebagai bakal calon Wakil Bupati Karimun berpasangan dengan Ing Iskandarsyah yang sudah direkomendasikan maju sebagai calon Bupati Karimun," jelas Ginastra, Senin (15/6/2020).

Ungkap Ginastra, adapun kelima politisi tersebut yakni Nyimas Novi Ujiani, Charli Donna, Rocky Bawole (PKB), Anwar Abubakar (PAN) serta Sabari Basirun.

Sementara, Partai Golkar yang memiliki modal 8 kursi di DPRD Kabupaten Karimun. Seperti diketahui telah merekomendasikan Aunur Rafiq sebagai bakal calon Bupati Karimun Periode 2020-2024.

Aunur Rafiq sendiri saat ini merupakan Bupati Karimun yang berpasangan dengan Anwar Hasyim sebagai Wakil Bupati Karimun periode 2016-2021.

Sedangkan Anwar Hasyim yang merupakan Ketua Partai Nasdem Kabupaten Karimun. Pada saat melakukan pendaftaran ke sejumlah partai politik hanya maju sebagai Wakil Bupati Karimun dan kemungkinan besar akan kembali berpasangan dengan Aunur Rafiq pada Pilkada serentak 2020.

Ketua DPD PAN Kabupaten Karimun, Anwar Abubakar ketika dikonfirmasi mengatakan, partainya sudah membangun komunikasi politik dengan PKS maupun dengan Ing Iskandar yang direkomendasikan partainya untuk maju sebagai calon Bupati Karimun pada Pilkada serentak 2020.

"Sekarang ini komunikasi politik masih terus dibangun dan kalau nanti PAN dan PKS diputuskan untuk berkoalisi, PAN siap menjadi Wakil Bupati Karimun mendampingi kader PKS tersebut," kata Anwar.

Selanjutnya dari Partai Gerindra sendiri, sudah lama memunculkan nama Zaizulfikar atau yang biasa dengan panggilan Boy dan saat ini sebagai anggota DPRD Karimun untuk maju dalam Pilkada 2020.

Boy digadangkan akan berpasangan dengan Ery Suwandi, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang saat ini sebagai anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau dari Dapil Kabupaten Karimun.

Editor: Gokli