Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Budi Daya Lele dan Sayuran Hidroponik Ala Kapolsek Karimun, Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid-19
Oleh : Freddy
Sabtu | 30-05-2020 | 09:41 WIB
budidaya-lele1.jpg Honda-Batam
Polsek Tanjungbalai Karimun melaksanakan kegiatan budidaya ikan lele dan sayuran hidroponik. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan menuju new normal masa Pandemi Covid-19, Polsek Tanjungbalai Karimun melakukan budidaya ikan lele dan sayuran hidroponik.

Kapolsek Tanjungbalai Karimun, AKP Budi Hartono mengatakan pihaknya mencoba membuat tempat budidaya ikan lele dengan menggunakan media ember yang dipadukan dengan menanam sayuran hidroponik.

"Sebagai percobaan tahap awal kita mulai dengan 3 ember berukuran sedang dengan setiap embernya berisikan 10 hidroponik," ujar Budi Hartono, Jumat (29/5/2020).

Lanjutnya, untuk budidaya ikan lele dan bertanam sayuran hidroponik bisa menggunakan ember bekas cat dan untuk sayuran hidroponik bisa digunakan gelas bekas air mineral dan kalau tidak ada kapas bisa diganti serabut kelapa.

Budi Hartono berharap, dengan pola budidaya ikan lele dan bertanam sayuran hidroponik di dalam satu median ember dan berbiaya murah dapat berhasil.

"Pola budidaya ikan lele dan bertanam sayuran hidroponik seperti ini sangat sederhana dan bisa dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan warga masyarakat dalam menuju new normal di era pandemi Covid-19," terangnya.

Ia mengungkapkan, pola yang dilakukan ini selain karena ketersediaan lahan yang terbatas, namun bisa untuk berternak ikan lele dan bertanam sayuran hidroponik dengan bermodalkan ember, ikan lele dan sayuran hidroponik serta gelas plastik.

Editor: Yudha