Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Para Pedagang Pasar Mega Legenda Ikuti Rapid Tes Covid-19
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-05-2020 | 11:48 WIB
rapid-tes-legenda1.jpg Honda-Batam
Petugas medis melaksanakan rapid test terhadap para pedagang di Pasar Mega Legenda Batam Centre. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna pencegahan penyebaran Covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam melakukan rapid diagnostic test (RDT) kepada para pedagang di pasar Mega Legenda Kecamatan Batam Kota. Hal itu dilakukan sebagai upaya proteksi dini pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Batam.

Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Batam Kota, Eryudhi Apriadi mengatakan tim Kecamatan Batam Kota turun langsung ke lapangan untuk melakukan sosialisasi serta RDT kepada para pedagang. Imbauan yang dilakukan tidak lain adalah agar para pedagang melaksanakan protokol kesehatan.

"Tim di lapangan mengingatkan agar jaga jarak dan pakai masker bisa terus dilaksanakan. Baik itu bagi para pedagang ataupun pembeli di pasar," kata Eryudhi, Rabu (13/5/2020).

Tim Kecamatan yang dibantu Puskesmas setempat sengaja melakukan RDT kepada para pedagang, karena dinilai sangat rentan terpapar Covid-19. Sebab setiap hari bertemu dengan ratusan orang yang berbeda. Karena itu dengan adanya proteksi sejak dini, kemungkinan meluasnya penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

"Jika ada yang reaktif nantinya akan diminta untuk langsung karantina dan dilakukan tes swab untuk memastikan yang bersangkutan positif Covid-19 atau tidak," katanya.

Meskipun hujan lebat pagi tadi tidak mengurangi semangat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam untuk turun langsung ke lapangan. Para pedagang terlihat juga antusias untuk menjalani RDT yang dilaksanakan di depan pasar Mega Legenda tersebut.

Eryudhi menambahkan tak hanya pedagang saja yang melakukan RDT, beberapa Warga Negara Asing (WNA) atau wisatawan mancanegara yang over stay juga terlibat minta untuk dilakukan RDT. Total kata dia sebanyak 90 orang yang telah dilakukan RDT di pasar Mega Legenda.

"Alhamdulillah RTD berjalan dengan lancar, mudah-mudahan semua pedagang sehat selalu," pungkasnya.

Editor: Yudha