Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNPB Kejar Target 10 Ribu Tes PCR Per Hari
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-05-2020 | 09:26 WIB
test-pcr1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi tes PCR.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggalakkan pemeriksaan atau tes swab melalui mesin polymerase chain reaction (PCR) untuk mengetahui sebaran kasus virus corona (Covid-19) secara lebih luas.

Pelaksana tugas Deputi II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi melalui forum rapat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI yang berlangsung secara daring pada Selasa (12/5/2020), mengatakan target pemeriksaan 10 ribu tes Polymerase Chain Reaction (PCR) per hari.

Namun, dia mengakui target itu sulit dilakukan karena minimnya sarana dan prasarana, termasuk, kapasitas laboratorium.

Kata dia masyarakat tidak kaget apabila terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia pada pekan depan.

"Nanti mungkin jangan kaget bapak ibu bahwa minggu depan itu akan cenderung banyak naiknya. Secara teknis, memang harusnya itu, karena supaya kita bisa mempercepat selesainya Covid-19 ini," kata Dody.

Menurut dia, pihaknya berharap agar setidaknya ditemukan 40 ribu kasus pasien positif corona agar dapat terdeteksi 'zona merah' yang tersebar diseluruh dunia.

"Harapan kita bisa mencapai 40 ribu, supaya itu bisa mewakili daerah merah yang kita angap mewakili daerah tersebut," kata dia menambahkan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha