Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesawat Milik MAF Tujuan Tolikara Jatuh di Danau Sentani Jayapura
Oleh : Redaksi
Selasa | 12-05-2020 | 14:20 WIB
peswat.jpg Honda-Batam
Pencarian pilot pesawat milik MAF. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jayapura - Sebuah pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis Cessna Nomor Register K100 Pk-Me, jatuh di Danau Sentani, Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, pada Selasa (12/5) pukul 06.29 WIT. Saat itu, pesawat dengan pilot Joice Lin dan rute Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura - Distrik Mamit Kabupaten Tolikara.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan kejadian kecelakaan pesawat tersebut. Menurut dia, saat itu pesawat take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara pada pukul 06.27 WIT.

"Lalu pada pukul 06.29 WIT, Pilot memanggil tower 'Mayday' dan meminta mendarat darurat atau RBT, selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari Pilot atau pesawat hilang kontak," kata Kamal, Selasa (12/5).

Berdasarkan informasi, pesawat tersebut membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang. Setelah melakukan take off, lanjutnya, saat pesawat berada di atas danau secara tiba-tiba langsung jatuh. "Sementara untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan," katanya.

Setelah dilakukan pencarian terhadap pilot, tim gabungan berhasil menemukan Pilot disekitar lokasi jatuhnya pesawat, selanjutnya pilot dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura.

"Melakukan koordinasi dengan pihak terkait TNI dan SAR Jayapura, melakukan pencarian, mengevakuasi pilot ke Rumah Sakit Bhayangkara serta mengevakuasi badan pesawat dari dasar danau," katanya.

"Adapun dalam kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang," tandas dia.

Perwakilan KNKT Papua Norbert Tunyanan menyatakan jenazah Joice Lin, pilot pesawat MAF yang jatuh di Danau Sentani, sudah ditemukan di danau itu.

"Saya sudah terima laporan yang menyatakan tim SAR sudah menemukan jenazah pilot pesawat MAF dengan kode penerbangan PK-MEC setelah menyelam di Danau Sentani," jelas Tunyanan dihubungi di Jayapura. Dikutip Antara.

Diakuinya, dari laporan yang diterima terungkap jenazah ditemukan di kedalaman 13 meter dan masih di dalam kokpit pesawat. Belum diketahui apakah evakuasi sudah selesai dilakukan atau belum.

Tunyanan menambahkan sebelum jatuh ke dalam danau, pilot Joice sempat berkata 'may day...may day' dan terdengar jelas oleh pilot di pesawat-pesawat yang berada di frekwensi radio 119,1. Bahkan salah satu pilot AMA yang mengemudikan pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCE sempat memfoto.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Chandra