Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Batam akan Verifikasi Pasien Umum yang Beralih ke SKTM
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 10-05-2012 | 15:17 WIB
Fadhilla.gif Honda-Batam

PKP Developer

Direktur RSUD Batam, Fadilah RD Malarangan.

BATAM, batamtoday - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam akan melakukan verifikasi semua pasien umum yang beralih ke pasien yang berstatus pengguna Surat Keterangan Tak Mampu (SKTM). Hal ini dikatakan oleh Direktur RSUD, Fadilah RD Malarangan yang boleh menggunakan SKTM hanya masyarakat yang benar-benar tidak mampu.

"Banyak pasien yang berobat ke RSUD awalnya pasien umum, setelah mau keluar menjadi pasien SKTM. Makanya kami buat tim verifikasi supaya SKTM itu tidak salah sasaran," terang Fadilah saat ditemui wartawan, Kamis (10/5/2012).

Menurutnya, jumlah masyarakat yang kurang mampu jauh lebih banyak dibanding masyarakat yang mampu. Sehingga, tak seharusnya seorang pasien umum tiba-tiba beralih ke pasien SKTM karena perbuatan itu merupakan perampasan hak orang miskin.

"Pasein yang seperti inilah yang perlu diverifikasi. Tapi, kalau dari awal masuk sudah berstatus pasien SKTM maka kami tidak akan Verifikasi dan akan tetap dilayani dengan baik," katanya.

Belakangan ini, kata Fadilah, setelah ada tim verifikasi yang dibuat oleh RSUD, peralihan pasien umum ke pasien SKTM sudah berkurang. Namun, kejadian itu masih tetap ada lantaran kesadaran masyarakat yang masih minim.

"Sekarang sudah berkurang dibanding bulan-bulan sebelumnya. Mudah-mudahan kesadaran masyarakat semakin meningkat, supaya SKTM benar-benar menjadi haknya orang miskin," tutupnya.