Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Prediksi Cuaca Kepri Cerah Berawan
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 10-05-2012 | 10:42 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan cuaca di Kepulauan Riau akan cenderung cerah berawan disertai hujan ringan dengan intensitas kecil secara lokal pada Kamis (10/5/2012). 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Try Agus menyatakan perkiraan itu didasarkan pada pantauan satelit cuaca yang menunjukkan kondisi udara atas yang labil serta adanya daerah Eddy (pusaran angin) dan Netral dengan kecepatan angin lemah di Selat Karimata mendukung proses pertumbuhan awan di wilayah Kepulauan 

"Namun, kelembaban udara yang kurang menyebabkan awan yang terbentuk menjadi lebih sedikit. Sehingga cuaca di Kepulauan Riau diprakirakan cerah berawan hingga berpeluang hujan dengan intensitas ringan," kata Agus kepada batamtoday.  

Agus memperkirakan potensi cuaca cerah berawan dapat terjadi di Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun. Sementara Anambas serta Natuna berpeluang terjadi hujan ringan.  

Kecepatan angin diperkirakan berkisar 5 hingga 22 kilometer per jam dan gelombang laut yang cukup kondusif antara 0,3 hingga 1 meter.  

Namun meski cuaca diprediksi cukup kondusif, Agus mengingatkan agar para pengguna transportasi darat, laut dan udara tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya perubahan cuaca yang berlangsung tiba-tiba.