Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 1, Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 30 Orang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Minggu | 26-04-2020 | 14:32 WIB
rudi-corona-kedua1.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi saat menyampaikan perkembangan penanganan penyebaran Covid-19 di Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan perkembangan penanganan virus corona atau Covid-19 di Batam, dengan adanya penambahan kasus baru warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan adanta tambahan 1 pasien baru, hingga saat ini pasien positif Covid-19 di Kota Batam berjumlah 30 orang. "Pada hari ini, Minggu (26/4/2020), kami sampaikan data terbaru kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Batam," kata Rudi melalui rilis yang diterima, Minggu (26/4/2020).

Data tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis BTKLPP Batam pada beberapa rumah sakit di Kota Batam berdasarkan hasil tracing dari closes contact cluster kantor ASN sebelumnya.

"Dengan kesimpulan terdapat 1 (satu) orang laki-laki terkonfirmasi positif," jelasnya. Pasien nomor 30, katanya, merupakan anggota Polri berusia 37 tahun berdinas di salah satu Polsek di Kota Batam, tinggal di perumahan Tiban, Kecamatan Sekupang.

"Yang bersangkutan tidak pernah melakukan perjalanan keluar daerah, baik keperluan dinas maupun keluarga. Namun demikian, perlu disampaikan bahwa yang bersangkutan merupakan rekan satu tim dalam bertugas dari suami terkonfirmasi positif nomor 15, ASN Kota Batam," ungkapnya.

Pada 15 April 2020, kepada yang bersangkutan telah dilakukan RDT dengan hasil non reaktif, dan foto rontgen yang dinyatakan normal. Namun demikian tetap dilakukan karantina di RS Bhayangkara Batam sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pada keesokan harinya, 16 April 2020, dilakukan tindakan pengambilan swab yang hasilnya baru diterima pada hari ini dengan kesimpulan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil tanpa ada gejala gangguan kesehatan yang berarti, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan isolasi di RSBP Batam, Sekupang, guna penanganan medis lebih lanjut," ujar Walikota Batam ini.

Saat ini, lanjutnya, tim survelans sedang terus melakukan proses contact tracing terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan kasus tersebut.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan maskerserta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup," katanya.

Editor: Surya