Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Perpanjang Lockdown Covid-19 Hingga 12 Mei
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 24-04-2020 | 11:48 WIB
corona_virus123.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Otoritas Malaysia kembali memperpanjang penerapan lockdown untuk membatasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin mengumumkan lockdown atau perintah pengendalian pergerakan (MCO) diperpanjang selama 14 hari ke depan atau hingga 12 Mei mendatang.

Seperti dilansir Channel News Asia dan The Star, Jumat (24/4/2020), MCO yang mulai diberlakukan sejak 18 Maret lalu, telah dua kali diperpanjang oleh otoritas Malaysia. Sebelum diperpanjang lagi, MCO seharusnya berakhir pada 28 April.

"Meskipun angkanya menunjukkan hasil positif, langkah-langkah yang telah kita ambil harus dilanjutkan hingga saatnya kita yakin bahwa pandemi COVID-19 sepenuhnya benar-benar bisa dikendalikan," ucap PM Muhyiddin dalam pernyataan yang disiarkan televisi setempat.

PM Muhyiddin menambahkan bahwa dirinya tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa MCO akan kembali diperpanjang di masa mendatang, namun dia juga menyebut pemerintah mungkin melonggarkan pembatasan jika laju penularan terus melambat.

"Jika kasus-kasus COVID-19 terus mencatat penurunan, pemerintah mungkin melonggarkan pengendalian pergerakan secara bertajap di beberapa sektor, termasuk sektor sosial," imbuhnya.

Dengan perpanjangan terbaru ini, Malaysia berarti telah berada di bawah lockdown selama 56 hari demi membatasi penyebaran virus Corona. Di bawah lockdown atau MCO, setiap perjalanan antarwilayah dan perjalanan internasional dilarang. Sekolah-sekolah dan bisnis non esensial diperintahkan untuk tutup sementara.

Orang-orang diimbau tetap di rumah untuk memutus rantai penularan. Beberapa wilayah dengan banyak kasus virus Corona ada di bawah MCO yang ditingkatkan, yang membatasi pergerakan warga.

Selama lockdown berlangsung, jumlah tambahan kasus harian di Malaysia mengalami penurunan. Dari yang tadinya tiga digit, sejak pekan lalu menjadi dua digit. Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan total kasus virus Corona di Malaysia kini mencapai 5.603 kasus, setelah adanya 71 tambahan kasus sepanjang Kamis (23/4/2020) waktu setempat.

Disebutkan juga oleh Dr Noor Hisham bahwa 90 pasien dipulangkan dari rumah sakit dalam 24 jam terakhir. Secara total, sudah 3.542 pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Ini berarti angka kesembuhan pasien virus Corona di Malaysia mencapai 63,2 persen dari total kasus.

Lebih lanjut, Dr Noor Hisham menyatakan bahwa pendekatan Malaysia dalam mengisolasi setiap pasien virus Corona, termasuk pasien tanpa gejala atau pasien dengan gejala ringan, mungkin telah berkontribusi pada rendahnya jumlah kematian dan tingginya angka kesembuhan.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha