Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantan Gitaris Anthrax Ciptakan Lagu bagi Anak-anak Autis
Oleh : Redaksi/RollingStone
Selasa | 08-05-2012 | 17:03 WIB
dan_spitz.jpg Honda-Batam

Dan Spitz.

CALIFORNIA, batamtoday - Bersama pentolan Megadeth, Dave Mustaine sebagai salah satu produser dan salah satu penulis lagu di dalamnya, Red Lamb baru saja merilis sebuah video musik berjudul “Puzzle Box,” sebuah lagu yang ditujukan bagi anak-anak penderita autis.

Adalah anak kembar identik Spitz bersama sang istri, Candi, Brendan dan Jaden yang menjadi inspirasi terwujudnya lagu “Puzzle Box” ini.

Seiring pertumbuhan kedua anak kembar mereka, Spitz dan Candi merasa bingung dengan perilaku aneh yang ditunjukkan kedua anak laki-laki mereka itu. Bahkan, ketika si kembar telah didiagnosa menderita autis, informasi tentang penyakit autis yang mereka terima sebagai orang tua penderita pun masih sulit untuk diperoleh.

“Ketika anak-anak kami mulai bertingkah laku ke belakang, karena mereka terlahir dengan autis, kami tidak tahu kemana harus pergi,” ungkap Spitz kepada Rolling Stone.

“Anda harus berhati-hati, karena ada banyak orang menganjurkan macam-macam. Waktu itu, yang kami tahu (hanya), ’anak Anda harus makan dengan cara seperti ini, dan jika ia tidak membeli produk kami, ia akan meninggal’. Hanya sekali kami menemukan juru bicara autis, yang secara tegas (mengatakan), ’Ini dia informasi Anda’ dan itu di seluruh dunia,” kenang Spitz.

Meningkatkan kesadaran akan penanganan autisme anak-anak pada komunitas metal adalah salah satu misi Spitz dalam lagu dan video tersebut. Keheranannya akan pemikiran “takut untuk membicarakan autisme dalam bentuk lain dalam musik” menjadi inspirasinya menelurkan lagu ini.

“Jika Anda membaca lirik kami, bukanlah seperti, ’hey sayang, saya cinta kamu.’ Apapun yang mengganggu kami setiap hari, itu adalah Anthrax. Jadi kami melakukan hal yang sama dengan ‘Puzzle Box’. Inilah waktunya orang-orang perlu tahu seperti apa (dunia) yang kita tinggali saat ini,” ungkap gitaris yang berpisah dengan Anthrax di tahun 1995 ini.

Selain Splitz, Red Lamb juga terdiri dari vokalis Don Chaffin, bassist Randy Coven, serta pemain drum Patrick Johansson. Unit hard rock bernuansa thrash asal Amerika ini baru saja merilis album debut yang diproduseri juga oleh Johnny K, yang pernah bekerjasama dengan 3 Doors Down dan Megadeth, pada Februari lalu.