Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemda Natuna Siapkan Kapal Cepat untuk Penanggulangan Covid-19
Oleh : Kalit
Rabu | 25-03-2020 | 16:16 WIB
kapal-natuna-covid-19.jpg Honda-Batam
Kapal cepat untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Kabupaten (Pemda) Natuna saat ini telah menyiapkan kapal Cepat sebagai antisipasi adanya pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Natuna.

Kabupaten Natuna sebagai lokasi awal observasi WNI dari Wuhan, China merupakan daerah kepulauan, di mana beberapa kecamatan tidak satu daratan dengan pusat Kota Ranai lokasi RSUD Natuna rujukan untuk pengobatan virus Covid-19.

Melalui Dinas Perhubungan, Pemerintah Natuna menghadirkan KM Senua dengan kapasitas 30 penumpang disiapkan untuk evakuasi antar pulau untuk warga Natuna. "Saat ini Kapal KK Senua standby di Pelabuhan Penagi dan siap digunakan untuk evakuasi warga Natuna yang terkena suspect korona virus," ucap Iskandar, Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Natuna kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (25/3/2020).

Dijelaskan Iskandar, menurut Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Rizal Rinaldy saat memantau langsung kondisi KM Senua mengatakan, meskipun kapal tersebut dinilai tidak layak mengangkut pasien, namun kapal itu tetap dapat digunakan jika dalam situasi darurat.

"Kapal ini sebenarnya tidak layak, karena tidak terdapat ruang khusus untuk pasien, dan toiletnya pun cuma satu. Tetapi dalam keadaan darurat, tetap bisa kita pakai," ujarnya.

Iskandar juga menambahkan, pihak Pemda Natuna kini berusaha meminta bantuan Kapal KN Sasikirana milik Basarnas Natuna. "Selain Kapal KN Senua, kita masih usahakan peminjaman untuk KN Sasikirana Basarnas sebagai kapal cepat penanganan evakuasi Covid-19," papar Iskandar.

Diuraikan Iskandar, bersama Kepala Dinas Kesehatan Rizal, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulan bencana Sawal Saleh, serta Kepala Bandara Raden Sadjad, Suroso, juga telah memantau kondisi Kepal Cepat KN Sasikirana milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

"Kita telah memantau kondisi ruang KN Sasikirana juga, nanti kita akan sampaikan kepada Bupati Natuna untuk bisa disurati pusat, untuk mendapat izin penggunaannya apa bila kita terdapat pasien PDP Covid-19," ujarnya.

Menurut Iskandar, KN Saskirana sangat cocok saat evakuasi warga yang sakit, karena kapal milik Basarnas ini telah dilengkapi ruangan khusus untuk pasien yang dilengkapi alat medis seperti oksigen dan lainya. (*)