Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi PP 28/2018

Bupati Natuna Harapkan OPD Bangun Kerja Sama Selalu Atas Namakan Pemda
Oleh : Kalit
Selasa | 24-03-2020 | 20:04 WIB
sos-pp-1-kerja-sama.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal ketika membuka secara resmi acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah, bertempat di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Jumat (12/03/2020) siang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik, tidak dapat terealisasi secara mandiri, melainkan dibutuhkan reverensi maupun intervensi dari berbagai instansi maupun lembaga sesuai bidang yang sedang dilaksanakan.

Oleh karenanya, strategi kerja sama dengan berbagai pihak menjadi sebuah strategi utama dan harus terus dibangun secara berkelanjutan mengingat hal tersebut juga menjadi peluang bersama dalam meningkatkan produktivitas dari sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal ketika membuka secara resmi acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah, bertempat di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Jumat (12/03/2020) siang.

Mengingat pentingnya jalinan koordinasi dan kerja sama daerah dengan daerah lain, Pemerintah Pusat, bahkan lembaga nasional maupun luar negeri, Hamid mengharapkan seluruh OPD terus membangun sinergitas dengan Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, untuk mengakomodir nama Pemerintah Daerah, bukan bergerak sendiri-sendiri.

"Dengan kebersamaan, program kerja dan pengembangan sektor yang sedang dilakukan, maupun peningkatan mutu pelayanan publik, dapat terealisasi secara lebih maksimal," papar Hamid.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Para Asisten dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Ronnie Indra melaporkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatukan persepsi bahwa hubungan kerja sama daerah harus dibangun satu pintu, bukan sekedar antara dinas kepada lembaga eksternal, melainkan harus mengakomodir nama Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program kerja tertentu maupun pengembangan suatu sektor pembangunan.

Adapun peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut berjumlah 154 orang, terdiri dari pimpinan maupun pejabat struktural OPD dan Forum Komunikasi Perangkat Daerah Kabupaten Natuna.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi berasal dari, Kepala Pusat Fasilitas Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr Nelson Simanjuntak. (*)