Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pedagang Awalnya Keberatan

Antisipasi Corona, Pasar Kaget di Jalan Trans Barelang Ditutup
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 23-03-2020 | 14:28 WIB
pasar-kaget-batam.JPG Honda-Batam
Suasana pasar kaget di Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Batam, membuat sejumlah tempat keramaian terpaksa harus ditutup. Termaksud pasar kaget yang ada di Jalan Trans Barelang, Tembesi, Senin (23/03/2020).

Namun penutupan ini membuat sejumlah pedagang menolak lantaran mereka terancam tanpa penghasilan. "Mau ke mana lagi kami cari makan pak, kalau nggak dari pasar kaget ini," kata seorang pedagang, Julius.

Julius mengatakan, sangat tidak setuju jika pasar kaget ini ditiadakan. Namun jika langkah ini sudah diputuskan oleh pemerintah, para pedagang tidak bisa berbuat banyak.

"Mau tidak mau kita harus ikut aturan. Ini mungkin langkah yang baik untuk antisipasi penyebaran virus covid-19. Ini mungkin yang terbaik yang dilakukan pemerintah kita," katanya.

Lurah Tembesi, Arfie membenarkan penutupan sementara pasar kaget dalam pencegahan covid-19.

"Iya benar, pasar kaget di jalan trans Barelang itu kita tiadakan dulu dan diharapkan tidak berlangsung sampai dua minggu kedepannya," ujarnya.

Pemerintah Kota Batam melalui pihak Kelurahan Tembesi, Sagulung menutup atau meniadakan pasar kaget di seluruh Sagulung. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran dan penularan virus corona saat ditempat keramaian.

Diketahui melalui Satpol PP Kecamatan akan mengawasi tempat-tempat keramaian diseputaran Sagulung. Sebab, sebelumnya Walikota Batam juga sudah memutuskan untuk menghentikan aktivitas yang mengundang massa dalam jumlah besar.

Hal itu dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan virus corona. Penutupan ini diberlakukan terutama lokasi-lokasi hiburan kuantitas pengunjung yang ramai.

Sumber: Dardani