Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindarkan Penggunaan HP di Ruang Terbuka
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 03-05-2012 | 11:58 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menghimbau warga untuk menghindari penggunaan handphone di ruang terbuka seiring dengan masih berpotensinya terjadinya petir mengiringi hujan.

 

"Jangan menelepon di ruang terbuka karena handphone dapat menghantarkan listrik yang memancing terjadinya petir," kata Agus Lacuda, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Kamis (3/5/2012).

Agus mengatakan cuaca hari ini diprediksi dengan intensitas ringan dan disertai petir. Hal ini terjadi karena adanya daerah pumpunan angin (konvergensi) dan belokan angin (shear) serta kelembapan udara yg cukup tinggi mendukung proses pertumbuhan awan di wilayah Kepulauan Riau.

Diperkirakan potensi hujan intensitas ringan dapat terjadi di Batam, Tanjungpinang dan Bintan serta Karimun dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 kilometer per jam dan gelombang laut yang cukup kondusif antara 0,3 hingga 1,3 meter.  

Namun meski cuaca diprediksi cukup kondusif, Agus mengingatkan agar para pengguna transportasi darat, laut dan udara tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya perubahan cuaca yang berlangsung tiba-tiba.