Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 WNI di Singapura Positif Corona
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-03-2020 | 10:40 WIB
ilustrasi-virus-corona131.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Warga Indonesia di Singapura kembali dilaporkan positif terinfeksi virus corona. WNI berusia 65 tahun menjadi kasus Covid-19 ke-152 di Singapura.

Dikutip dari Straits Times, WNI tersebut tiba di Singapura pada 7 Maret. Dia sebelumnya melaporkan mengalami gejala saat di Indonesia pada 28 Februari, dan mendatangi rumah sakit di Jakarta pada 2 Maret.

WNI tersebut kemudian terbang ke Singapura untuk berobat ke Singapore General Hospital (SGH). Dia dipastikan terinfeksi Covid-19 pada hari Minggu (8/3/2020).

Pasien 153 di Singapura kemungkinan juga merupakan kasus dari luar. Perempuan Singapura berusia 65 tahun itu berada di Indonesia dari 25 Februari hingga 28 Februari, dan mengunjungi saudara perempuannya yang menderita pneumonia saat di sana.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Singapura juga melaporkan seorang WNI menjadi kasus Covid-19 ke-147 di Singapura.

Kementerian Kesehatan Singapura menyebut kasus yang menimpa pria berusia 64 tahun itu sebagai imported case atau kasus dari luar.

"Yang artinya WNI tersebut diduga kuat sudah terjangkit Covid-19 sebelum melakukan kunjungan ke Singapura," kata KBRI Singapura dalam rilis resmi, Senin (9/3/2020). Namun sampai saat ini belum diketahui bagaimana WNI tersebut terinfeksi.

Sejauh ini total ada empat WNI yang terinfeksi virus corona di Singapura, selain dua yang terbaru itu, pasien tersebut yakni kasus ke-21 yang sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit pada 18 Februari lalu. Lalu kasus ke-133 yang diumumkan pada 7 Maret 2020.

KBRI juga mengingatkan kembali kepada seluruh WNI di Singapura dan yang berencana ke sana bahwa status oranye masih berlaku untu menangani Covid-19. Dengan demikian seluruh WNI diminta tetap waspada tinggi khususnya bila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum.

Data terakhir yang dirilis Pemerintah Singapura, pasien positif virus corona mencapai 160 kasus. Dari jumlah itu, 93 di antaranya dinyatakan sembuh dan dipulangkan daru rumah sakit. Sepuluh pasien dalam kondisi kritis, sementara sisanya stabil atau membaik.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha