Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Terima Pemberitahuan dari AGRBB

Karyoto akan Tindak Aksi Sweeping WN Malaysia
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Selasa | 01-05-2012 | 16:18 WIB
Kombes-Pol-Karyoto.gif Honda-Batam

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto.

BATAM, batamtoday - Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto menegaskan bahwa pihaknya belum menerima surat pemberitahuan tentang adanya rencana sweeping terhadap warga negara Malaysia di Batam, yang akan dilakukan Aliansi Gerakan Rakyat Batam Bersatu (AGRBB).

"Kita tak ada menerima surat pemberitahuan tentang sweeping terhadap warga negara Malaysia itu. Jika memang ada yang melakukan aksi itu, nanti mereka akan kami tindak," ujar Karyoto kepada batamtoday, Selasa (1/5/2012). 

Karyoto menambahkan, aksi sweeping terhadap warga negara asing tak akan pernah diberikan, apalagi didampingi oleh aparat kepolisian karena akan merusak kondusifitas keamanan di Batam. 

"Kalau ada warga negara kita disweeping di Malaysia, bagaimana perasaan kita? Siapa yang akan melakukan sweeping besok akan kami tindak tegas," tegas Karyoto. 

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga Batam yang mengatasnamakan diri Aliansi Gerakan Rakyat Batam Bersatu berencana melakukan tindakan sweeping kepada para warga asal Malaysia selama tiga hari berturut-turut, mulai 2-5 Mei mendatang. 

Toni Nasution yang mengaku sebagai Koordinator Umum Aliansi Gerakan Rakyat Batam Bersatu mengungkapkan, pihaknya akan melakukan sweeping kepada warga Malaysia yang ada di Batam. 

Tindakan sweeping itu dilakukan sebagai bentuk protes atas terjadinya dugaan pembunuhan dan pengambilan organ tubuh tiga warga Indonesia di Malaysia beberapa waktu lalu. 

Menurut dia, aksi sweeping dipilih sebagai tindakan yang harus dilakukan karena pihaknya tidak bisa lagi mentolerir kekerasan yang dilakukan Malaysia terhadap warga Indonesia di negara itu.