Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Tegaskan Serius Tangani Corona, Warga Diminta Jangan Panik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-03-2020 | 10:28 WIB
alat11.jpg Honda-Batam
Alat Thermal Scanner dipasang di sejumlah pelabuhan Bintan. (CR-2/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian menegaskan pemerintah serius menangani kasus corona atau Covid-19. Donny meminta masyarakat tak perlu khawatir berlebihan.

"Pemerintah tidak menganggap ini tidak serius, pemerintah hanya mengimbau masyarakat tidak panik namun tetap waspada, artinya bahwa masyrakat nggak berlebihan. Misalnya panic buying misalnya memborong masker, borong logistik karena situasi nggak seburuk itu. Tapi protokol penangaanan Covid-19 ini sangat serius ya," kata Donny saat dihubungi, Jumat (6/3/2020) malam.

Donny mengatakan bukti keseriusan pemerintah itu adalah melakukan sejumlah pengawasan ketat ke seluruh warga negara Indonesia (WNI). Mulai dari warga yang tercatat sebagai orang dalam pengawasan hingga yang positif terjangkit.

Terkait dengan adanya perbedaan pendapat antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan WHO soal penanganan corona, Donny menjelaskan hal itu. Menurutnya, pernyataan Kemenkes yang meminta warga menyikapi Covid-19 sama seperti menyikapi flu itu hanya bertujuan agar warga tak panik.

"Jadi maksudnya Pak Yuri wah ini hanya sekelas influenza. Bukan, ya emang ini diakui penyakit serius, tapi cara meresponnya itu tidak perlu berlebihan, sehingga kepanikan membuat kondisi lebih buruk," tegas Donny.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha